Release Note
ZenTalk


[New Suggestion] [APP] Cara Menambah RAM Laptop ASUS

5254 0
Jump to specific floor
Latest Post
seoroy111 IDN Level 1 | All posts
Alasan Menambah RAM Laptop
Mungkin beberapa diantara kamu ada yang bertanya-tanya, mengapa menambah RAM di laptop? Apa manfaatnya?

Well…RAM (Random Access Memory) bertugas menyimpan data dan proses agar bisa diakses dengan sangat cepat oleh CPU. Idealnya semakin besar jumlah RAM maka laptop akan semakin cepat dan responsif. BACA JUGA : SEWA BUS SURABAYA

Laptop saya dibekali dengan prosesor Intel Core-i7 5500U 2.4GHz Broadwell, Dual GPU Intel HD 1GB dan NVIDIA GeForce 940M 2GB, tetapi RAM bawaan yang hanya 4GB rasa-rasanya jadi kurang sepadan. Untuk itu saya memutuskan menambah lagi 8GB RAM di laptop ini sehingga totalnya menjadi 12GB RAM.

Persiapan Menambah RAM Laptop. BACA JUGA : Sewa Mobil Surabaya

Sebelum memulai upgrade RAM laptop, siapkan dulu beberapa hal seperti:

Obeng set lengkap.
RAM / Memory yang ingin ditambahkan, disini saya menggunakan Corsair 8GB DDR3L PC3-12800
Pick gitar atau kartu tebal untuk membuka back cover, disini saya memakai Starbucks Card bekas.

Buka Cover Belakang Laptop

Selanjutnya kamu tinggal buka semua skrup yang mengunci cover belakang laptop menggunakan obeng yang sesuai. Lepas semua jangan sampai ada yang ketinggalan, dan letakkan di tempat aman agar tidak terjatuh atau hilang.

Dengan bantuan pick gitar atau kartu bekas, renggangkan sisi-sisi cover belakang. Kamu harus berhati-hati jangan sampai mematahkan plastik pengunci cover tersebut. Baca Juga : Sewa Bus Surabaya Murah

Setelah cover belakang terbuka kamu akan melihat seluruh komponen hardware laptop. Cari lokasi RAM di laptop kamu. Di laptop saya, RAM terletak di bawah cover pelindung ini.

Sebelum melakukan dan menyentuh komponen apapun , pastikan kamu lepas dulu pin konektor baterai (untuk laptop dengan baterai tanam) atau cukup lepas baterai sebelum back cover dibuka (untuk laptop dengan baterai terpisah). Ini penting untuk memastikan tidak ada aliran listrik di komponen hardware laptop. Di laptop saya, caranya cukup tarik ke belakang pengunci konektor, lalu tekan ke atas dengan menggunakan obeng. Kamu harus melakukannya dengan pelan dan hati-hati, jangan sampai ada pin konektor yang patah.

Nah kini kamu tinggal memasang RAM baru di slot memori yang tersedia dan menggambungkannya dengan RAM yang sudah ada. Beberapa laptop tidak memberikan tambahan slot memori ekstra, jika begitu kasusnya maka kamu harus mengganti RAM yang lama dengan RAM baru yang berkapasitas lebih besar. Baca Juga : Sewa Bus Pariwisata Surabaya

Di Laptop saya RAM ada di belakang cover pelindung, jadi saya tinggal lepas saja cover pelindung dan menemukan satu slot memori yang masih kosong.

Kini tinggal masukkan saja RAM baru yang ingin ditambahkan ke slot memori laptop. Pastikan RAM terpasang dengan sempurna, tekan hingga terkunci dan berbunyi klik. Baca Juga : Sewa Bus Surabaya

Setelah itu pasang dan kembalikan lagi apa yang sebelumnya sudah dilepas, seperti cover pelindung RAM (jika ada) dan pin konektor baterai laptop (untuk laptop dengan baterai tanam).

Sebelum menutup cover belakang laptop, pastikan dulu RAM terpasang dengan benar dan terdeteksi dengan baik. Nyalakan laptop dan lihat apakah laptop bisa berjalan normal dan RAM terdeteksi tanpa masalah.

Jika tidak ada masalah, tutup lagi cover belakang laptop dan kunci dengan mengencangkan semua skrup.Kini proses menambah RAM di laptop sudah selesai. Laptop saya yang awalnya 4GB sudah menjadi 12GB dan benar-benar semakin kencang! Program berat yang sebelumnya terasa lambat kini jadi makin responsif. Baca Juga : Rental Bus Surabaya

Itulah cara menambah RAM laptop lengkap beserta gambar yang urutan langkahnya bisa kamu adopsi juga untuk memperbesar kapasitas RAM di laptop kamu. Selamat mencoba.
Props
Advanced mode
You need to login first Login | Register Now

Points policy of this forum

wishes

Archiver|Mobile ver.|

Fast reply Top Return to list
Share link list
Share by pm