Release Note
ZenTalk

12345

[Winner Announcement] Siapa Pahlawan Favorit-mu?  Close

4685 45
Jump to specific floor
Latest Post
IDN Level 5 | All posts
IG : @hudi_hariyanto

Hamengkubuwana IX

Pahlawan favorit saya adalah Hamengkubuwono IX karena beliau meskipun seorang Raja Keraton, berani menentang penjajahan Belanda dan mendorong kemerdekaan Indonesia. Beliau dengan rela menggabungkan diri ke Republik Indonesia setelah dibacakan Proklamasi walaupun sebenarnya bisa menjadi negara tersendiri karena sejak dahulu Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat sudah diakui oleh dunia sebagai Kraton yang berdiri sendiri tanpa bantuan dari pihak manapun. Beliau menyumbangkan kekayaan 6.000.000 Gulden untuk membiayai Pemerintah RI ketika perekonomian RI sangat buruk di awal kemerdekaan. Itu bukti cinta beliau kepada NKRI. Perlu dan patut dicontoh pada masa sekarang ini.

Hamengkubuwono IX atau Gusti Raden Mas Dorodjatun lahir di Yogyakarta, 12 April 1912. Beliau adalah Sultan di Kasultanan Yogyakarta (1940 - 1988) sekaligus Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta yang pertana setelah kemerdekaan Indonesia. Beliau pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia yang kedua antara tahun 1973 - 1978 dan dikenal juga sebagai Bapak Pramuka Indonesia. Gusti Raden Mas Dorodjatun / Hamengkubuwono IX adalah putra Sri Sultan Hamengkubuwono VIII dan KRAy Adipati Anom Hamengkunegara.

Pada masa jepang, beliau melarang pengiriman romusha dengan mengadakan proyek lokal saluran irigasi Selokan Mataram yang sampai sekarang ini masih terlihat bentuknya. Hal ini dilakukan untuk melindungi rakyat Yogyakarta.  

Beliau adalah tokoh dibalik Serangan Umum 1 Maret 1949 sehingga pejuang bisa menguasai Yogyakarta selama 6 jam. Kemenangan ini penting untuk menunjukkan kepada dunia internasional bahwa bangsa Indonesia masih terus berjuang mempertahankan kemerdekaannya.

Beliau dikenal sebagai Bapak Pramuka Indonesia karena berhasil membangun Gerakan Pramuka sehingga beliau mendapatkan Bronze Wolf Award dari World Organization of The Scout Movement pada tahun 1973. Ini penghargaan tertinggi dan satu-satunya yang diberikan kepada orang yang berjasa besar mengembangkan kepramukaan.

Beliau wafat pada 2 Oktober 1988 di Amerika Serikat karena serangan jantung dan dimakamkan di pemakaman para Sultan Mataram di Imogiri, Bantul, DI.Yogyakarta.

#ZenPahlawan
#ZenTalkID
IMG_20181127_234712_911.jpg
Props
IDN Level 5 | All posts
IG: @nicholasadityas   

Pahlawan favorit saya adalah Ir. Soekarno. Saya mengidolakannya karena beliau adalah pemimpin yang gigih dalam memerjuangkan kemerdekaan, meskipun resikonya sangat besar. Beliau adalah pemimpin yang tegas dan berani, yang selalu mempertahankan integritas dan tidak pernah menyerah dalam memerjuangkan kebenaran dan selalu mengutamakan kepentingan rakyat. Beliau juga pemimpin yang terbuka bagi semua kalangan yang dipimpin, terbukti dengan keinginannya yang ingin Istana Negara bukan hanya menjadi tempat bagi para mandataris rakyat, tetapi juga terbuka untuk setiap orang yang ingin masuk dan belajar di sana.

#ZenPahlawan #ZenTalkID
Props
IDN Level 1 | All posts
Last edited by satriamualaf on 2018/11/28 14:56

IG : satriavendosa

Pahlawan favorit gue adalah Bapak Silas Papare, karena Beliau adalah seorang pejuang dalam penyatuan Irian Jaya (Papua) ke dalam wilayah Indonesia.
Pada bulan Oktober 1949 di Yogyakarta, ia mendirikan Badan Perjuangan Irian di Yogyakarta dalam rangka membantu pemerintah Republik Indonesia untuk memasukkan wilayah Irian Barat ke dalam wilayah RI. Silas Papare yang ketika itu aktif dalam Front Nasional Pembebasan Irian Barat (FNPIB) juga diminta oleh Bung Karno menjadi salah seorang delegasi Indonesia dalam New York Agreement yang ditandatangani pada 15 Agustus 1962, yang mengakhiri konfrontasi Indonesia dengan Belanda perihal Irian Barat. Setelah penyatuan Irian Barat, ia kemudian diangkat menjadi anggota MPRS (Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara).
Namanya diabadikan menjadi salah satu Kapal Perang Korvet kelas Parchim TNI AL KRI Silas Papare dengan nomor lambung 386. Selain itu, dididirkan Monumen Silas Papare di dekat pantai dan pelabuhan laut Serui. Sementara di Jayapura, namanya diabadikan sebagai nama Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Politik (STISIPOL) Silas Papare, yang berada di Jalan Diponegoro. Sedangkan di kota Nabire, nama Silas Papare dikenang dalam wujud nama jalan.
Props
IDN Level 5 | All posts
Last edited by nurarifin on 2018/11/28 20:29

Ig@arpin_09
Pahlawan favorit saya, yaitu Hadratus Syaikh Hasyim Asy'ari, beliau adalah Pahlawan PEMERSATU UMAT serta pemikiran2nya menjadi rujukan dan landasan perjuangan Rakyat Indonesia dari kungkungan kaum penjajah, salah satu pemikirannya adalah Fatwa Jihad atau bisa disebut Resolusi Jihad, dimana isi fatwanya adalah
1. Membela negara dari penjajahan, hukumnya Wajib
2. Pejuang yang gugur dalam perang akan mati Syahid
3. Seseorang yang menjadi mata2  penjajah dan berkhianat wajib dibunuh.
Setelah dikumandangkan Resolusi Jihad, maka bergeraklah Laskar Sabilillah dan Hizbulloh dari berbagai pelosok di jawa demi mempertahankan kota Surabaya yang dikuasai oleh pasukan penjajah, sehingga terjadi perang pada tanggal 10 November 1945.
Semangat juang beliau yang tak pernah surut melawan penjajah membuat masyarakat terpesona mengikuti jejaknya untuk ikut serta berjuang merebut kembali Kemerdekaan.
Bicara soal Pemersatu Umat KH. Hasyim Asy'ari adalah pahlawannya,  beliau mengumpulkan umat dan musyawarah bersama untuk melawan penjajah, dan akhirnya terciptalah Fatwa jihad demi mempertahankan Kedaulatan NKRI. Persatuan memang sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan bersama yaitu MERDEKA. Bersatu Kita Kuat Bercerai Kita Lemah, itulah kenapa kita sebagai penerus bangsa harus Bersatu untuk Indonesia lebih maju, tapi sayangnya akhir2 ini banyak terjadi perpecahan umat dalam bernegara, seperti perseteruan antar ormas, menfitnah merendahkan menjelekan dan menyebarkan berita Hoax untuk kepentingan/keuntungan kelompoknya sendiri, ada juga kelompok yang ingin mengubah ideologi negara dll.  Itulah yang menyebabkan runtuhnya bangunan suatu bangsa tanpa Persatuan. Oleh sebab itu kita sebagai penerus perjuangan pahlawan mulai detik ini harus  Bersatu dan memiliki jiwa Nasionalisme yang tinggi untuk Indonesia lebih maju, aman, tentram, sejahtera, adil dan makmur dalam Kebhinekaan.. NKRI HARGA MATI #ZenPahlawan #ZenTalkID
IMG_20181128_185828_152.jpg
Props
IDN Level 1 | All posts
Pahlawan Favorit-ku?

SOEKARNO

Beliau salah satu tokoh pemersatu bangsa INDONESIA yang tegas dan berani.
Putra Pertiwi yang hidup dan mati hanya untuk INDONESIA.
Yang terbuka pada tiap saran namun tetap wibawa dalam mengambil sikap. Baginya keutuhan Bangsa Indonesia itu yang terpenting.
"Lebih baik saya yang hancur dan robek dari pada Bangsa saya harus perang saudara" ~ Sukarno, setinggi itulah nilai seorang pemimpin, salah satu sikap yang tidak semua orang punya.
Sukarno bukan memimpin untuk satu golongan, beliau memimpin untuk Indonesia, siapapun kau, tidak peduli apa ras mu, tidak peduli apa  warna kulitmu, dimata Beliau kita INDONESIA.
Seorang pemimpin yang memimpin dengan hati bukan dengan EGO.

Ig: difr3ntt.g

#ZenPahlawan  #ZenTalkID #pahlawanku #sukarno
Screenshot_20181128-202006.png
Props
IDN Level 1 | All posts
IG : @dhyahlsti


Pahlawan Favorit : Letnan Kolonel Ignatius Slamet Riyadi ( setelah meninggal, akibat jasa-jasanya naik pangkat menjadi Brigadir Jenderal Anumerta Ignatius Slamet Riyadi ) sering dipanggil Slamet Riyadi


Alasan memilih beliau : karena saya orang Solo saya harus mengutamakan terlebih dahulu pahlawan di Kota saya hehe
Slamet Riyadi mempunyai jasa besar di dalam pembentukan pasukan khusus TNI AD atau yang lebih kita kenal dengan nama Kopassus.
Karakter yang sangat menonjol dari sosok Slamet Riyadi adalah kecakapan dan keberaniannya terutama setelah Jepang bertekuk lutut dan Kemerdekaan Indonesia di proklamasikan.Namanya mulai disebut-sebut karena hampir di setiap peristiwa perlawanan di Kota Surakarta selalu berada dalam komandonya. Pada tanggal 5 Maret 1942, Surakarta dan Yogyakarta jatuh di tangan Jepang.
Jepang melakukan invasi dan perlakuan yang melahirkan kesengsaraan, Slamet Riyadi terpanggil hatinya dan mulai mengawali kiprah patriotismenya. Slamet Riyadi berhasil menggalang para pemuda menghimpun kekuatan pejuang dari pemuda terlatih eks Peta/Heiho/Kaigun dan merekrutnya dalam kekuatan setingkat batalyon, yang dipersiapkan untuk mempelopori perebutan kekuasaan politik dan militer di Kota Surakarta dari tangan Jepang.Tak hanya itu selepas Kemerdekaan Slamet Riyadi tidak henti-hentinya melakukan perjuangan untuk menumpas pemberontakan PKI-Madiun dan pemberontakan Kapten Abdul Aziz di Makasar dan Republik Maluku Selatan ( RMS ) yang dipelopori oleh Dr. Soumokil.


Atas jasa-jasanya, Slamet Riyadi dianugrahi gelar Pahlawan Nasional melalui SK Presiden : Keppres No. 066/TK/2007, Tgl. 6 November 2007.


#ZenPahlawan
#ZenTalkID
Props
12345
Advanced mode
You need to login first Login | Register Now

Points policy of this forum

wishes

Archiver|Mobile ver.|

Fast reply Top Return to list
Share link list
Share by pm