Release Note
ZenTalk

12345Next

[Winner Announcement] Siapa Pahlawan Favorit-mu?  Close

4684 45
Jump to specific floor
Latest Post
IDN Level 3 | All posts
IG : andhy_em


Pahlawan favorit ku adalah Bung Tomo, sosok beliau dikenal cerdas, orator ulung dan yg pasti setia NKRI, berkas orasi-orasinya mampu membangkitkan semangat pemuda surabaya untuk melawan penjajah, puncaknya 10 Nov 1945 serangan membabi buta Belanda dan Inggris membuat ciut para pejuang tp Bung Tomo mampu membakar semangat mereka MERDEKA atau Mati.
Berkat dedikasi beliau 10 Nov ditetepakan sebagai hari pahlawan.
Props
Mantap min ini memeriahkan hari pahlawan barokah sekalii 👍💪

Ig @muhammad.yusuf.anshori10
Pahlawan Fav. PANGERAN DIPONEGORO

Karena .........

.
"PANGERAN DIPONEGORO"

Salah satu sosok pahlawan nasional yang begitu besar jasanya. Beliau dan pasukannya berusaha mengusir para penjajah Belanda dari Indonesia dengan perang yang dipimpinnya selama kurang lebih 5 tahun dan dikenal sebagai "Perang Diponegoro". Pahlawan yang memiliki kepribadian dan akhlak yang patut dicontoh oleh kita semua. Sifat rendah hati, jujur, berani, dan peduli yang tertanam dalam diri beliau sudah sepantasnya menjadi inspirasi untuk diri kita semua dan para pemimpin-pemimpin bangsa  Indonesia masa kini.
Siapapun nanti yang menjadi #Presiden2019 Semoga ada yang memiliki jiwa raga seperti pahlawan-pahlawan Indonesia yang sudah berjuang merebut Kemerdekaan dari para penjajah.

#SalamDamai
#10november #haripahlawan #ZenPahlawan #ZenTalkID #indonesia #asus #photooftheday #ig #asusid #pahlawannasional #pangerandiponegoro
Screenshot_20181124-114319.jpg
Props
IDN Level 5 | All posts

IG : @hudi_hariyanto

Pahlawan Favorit saya adalah Pangeran Diponegoro karena walaupun beliau berasal dari keluarga Bangsawan, beliau lebih tertarik pada kehidupan keagamaan dan lebih suka tinggal di luar keraton daripada di keraton sehingga lebih merakyat. Beliau diajak berunding dan didesak Belanda untuk menghentikan perang dengan iming-iming harta dan jabatan, tetapi beliau menolak. Suatu sikap dan perilaku yang bisa kita teladani.


Bendara Pangeran Harya Dipanegara atau lebih dikenal sebagai Pangeran Diponegoro lahir di Yogyakarta, 11 November 1985. Pangeran Diponegoro terkenal karena memimpin Perang Diponegoro/Perang Jawa (1825 - 1830) melawan penjajah Hindia Belanda. Perang tersebut tercatat sebagai perang dengan korban paling besar dalam sejarah Indonesia. 


Pangeran Diponegoro adalah putra sulung Sultan Hamengkubuwono III dari istri bernama R.A. Mangkarawati. Semasa kecilnya, Pengeran Diponegoro bernama Bendara Raden Mas Antawiryo. Sikap Pangeran Diponegoro yang menentang Belanda secara terbuka mendapat simpati dan dukungan rakyat. Beliau membuat markas di sebuah gua yang bernama Goa Selarong yang sampai saat ini peninggalan ini masih bisa dikunjungi di daerah Guwosari, Pajangan, Bantul, DI. Yogyakarta. 


Saat melawan penjajah, beliau menyatakan bahwa perlawanannya adalah perang sabil sehingga membawa pengaruh luas hingga ke wilayah Pacitan dan Kedu. Berbagai cara terus diupayakan Belanda untuk menangkap Pangeran Diponegoro. Bahkan sayembara pun dilakukan dengan hadiah 50.000 gulden bagi siapa saja yang bisa menangkapnya. 


Perang Diponegoro merupakan perang terbuka dengan pengerahan pasukan-pasukan infanteri, kavaleri dan artileri. Pertempuran terjadi di puluhan koda dan desa di seluruh Jawa. Pertempuran berlangsung sengit sehingga apabila suatu wilayah dapat dikuasai Belanda di siang hari, maka malam harinya direbut kembali oleh rakyat. 


Pangeran Diponegoro ditangkap pada tahun 1830 oleh Belanda yang mempunyai taktik licik. Kemudian beliau diasingkan di beberapa tempat sampai akhirnya dipindahkan ke Benteng Rotterdam di Makassar, Sulawesi Selatan. Tahun 1855 beliau wafat dan dimakamkan di Kecamatan Wajo, sekitar 4 KM sebelah utara Kota Makassar. 


#ZenPahlawan
#ZenTalkID
Props
IDN Level 1 | All posts
Bung Tomo
IG @benksbenk
Bung-Tomo-bw-865x1024.jpg
Props
IDN Level 1 | All posts

RE: Siapa Pahlawan Favorit-mu?

IG: @hazanuliskandar
Pahlawan Favorit: "Tuanku Imam Bonjol"
Beliau adalah Pahlawan yang benar-benar berjuang tanpa ada rasa takut sedikitpun demi Kemerdekaan Bangsa ini, ini dibuktikan dengan Perang Padri yang meninggalkan kenangan heroik sekaligus traumatis dalam memori bangsa. Selama sekitar 18 tahun pertama perang itu (1803-1821) praktis yang berperang adalah sesama orang Minang dan Mandailing atau Batak umumnya. Pada awalnya timbulnya peperangan ini didasari keinginan dikalangan pemimpin ulama di kerajaan Pagaruyung untuk menerapkan dan menjalankan syariat Islam sesuai dengan Ahlus Sunnah wal Jamaah (Sunni) yang berpegang teguh pada Al-Qur'an dan sunnah-sunnah Rasullullah shalallahu 'alaihi wasallam. Kemudian pemimpin ulama yang tergabung dalam Harimau nan Salapan meminta Tuanku Lintau untuk mengajak Yang Dipertuan Pagaruyung beserta Kaum Adat untuk meninggalkan beberapa kebiasaan yang tidak sesuai dengan Islam (bid'ah).


#ZenPahlawan  #ZenTalkID

Tuanku Imam Bonjol

Tuanku Imam Bonjol
Props
IDN Level 2 | All posts
Ikutan juga


IG:hafidz.mahyudin


Pahlawan favorit : SUTOMO (lebih dikenal Bung Tomo)


Alasan:
Ucapan dan kata2 beliau dalam podatonya untuk mengobarkan semangat berjuang 


Beberapa kalimat kutipannya
Lebih baik kita hancur lebur dari pada tidak merdeka
Ingat semboyan kita ialah
MERDEKA atau MATI


Inilah semangat kita dalam memperingati hari pahlawan


Kita memang tidak hadir di sana kala itu, tapi saat kita cari di internet tentang pidato bung tomo dan kita mendengarkan nya


Sungguh serasa bulu ini ikut bergetar dan bergerak untuk mengikuti panggilan ke surabaya menuju medan perang disana


Rasanya juga pengen menangis saat mendengarkan pidatonya


Inilah pahlawan indonesia favoritku 


#ZenPahlawan #ZenTalkID

Props
IDN Level 1 | All posts
IG : @aarriief

Pahlawan Favorit saya ialah : Tan Malaka Atau Nama asli Sutan Ibrahim. Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa Tan Malaka adalah tokoh yang sangat berjasa bagi Indonesia. Dialah pencetus pertama berdirinya Republik Indonesia, sebagaimana ditulisnya dalam bukunya yang berjudul ‘Naar de Republiek Indonesia’ (Menuju Republik Indonesia) pada 1925, beberapa tahun sebelum Bung Hatta dan Bung Karno menulis buku soal konsep kemerdekaan Indonesia. Pemikirannya banyak dijadikan rujukan oleh Bung Karno dan tokoh pergerakan lainnya untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Bung Karno bahkan memberinya gelar sebagai orang yang ahli dalam revolusi. Dia di juluki Bapak Republik Indonesia
Props
IDN Level 1 | All posts
Akun IG : @vernvern1975 
Entah bagaimana saya sampai mengagumi sosok Ki Hajar Dewantara yang kita sebut sebagai pahlawan pendidikan ini. Saat ketika saya sekolah hingga SMA saya hanya mengenal sosok beliau hanya sekedar "pengetahuan" yg diajarkan oleh guru saya. Yah cuma sebatas tugas sekolah agar ketika sosok beliau keluar sebagai pertanyaan dari ujian, so pasti saya harus ingat agar jawabannya saya tidak salah dan nilai ujian saya nilai 10. Pengetahuan yang sangat minim dan hanya bagian kulit nya saja menurut saya tentang sosok Ki Hajar Dewantara. 
Namun seiring perjalanan hidup saya yang tidak mampu melanjutkan pendidikan hingga jenjang kuliah lah yang mempertemukan saya dg sosok beliau. Alasan ekonomi yg tdk memadai membuat saya hanya bs melanjutkan pendidikan hgg SMA. Mahalnya biaya pendidikan utk kuliah buat saya menangis saat itu. Saya berontak n marah pd ortu saya knp tsk mampu membiayai saya utk melanjutkan keinginan saya mencicipi pendidikan yg lbh tggi. Saya mencari2 info pendidikan gratis kesana kmari namun tdk saya temukan,smua berbiaya dan begitu mahal dan dr mana saya mndpt biaya. Hingga dlm keputusasaan saya itulah saya tdk sengaja membaca2 kisah Ki Hajar Dewantara yg begitu agung n luhur utk memajukan rakyat Indonesia melalui sekolah gratis yg dia buat agar smua bisa mengecap pendidikan yg sangat berguna. Semakin saya baca smakin memberikan inspirasi pd saya.
    Wawasan saya semakin terbuka n juga sadar, bahwa saya hrs melakukan sebuah terobosan. Akhirnya saya mencoba mencari sebuah pekerjaan n lewat pekerjaan yg hny jd pelayan toko aaya tetap berusaha utk mendpt "pendidikan setara" dg kuliah dg mengikuti bimbingan2 test n bnyk bertanya ttg pelajaran mata kuliah pd sahabat saya yg kuliah. Hasil gajian aaya habis utk bisa ikut bimbel sana sini. Yah saya menetapkan cita2 kelak saya harus jadi "tenaga pengajar" gratis bagi siapapun yg membutuhkan. 
    Dan pd akhirnya, saya merealisasikan cita2 saya pd mulanya untuk anak-anak kecil didaerah kampung saya dan ternyata disambut baik oleh warga hingga akhirnya murid2 saya bertambah mnjd ortu2 yg ingin bs membaca n mengecap pendidikan. Semangat Ki Hajar Dewantara yg menginspirasi itu terus bergelora dlm hidup saya. Meski saya tdk mampu membayar mahal biaya kuliah paling tdk lewat bimbel2 yg sdh saya lewati spt saya berikan pd yg membutuhkan. Meski sy tdk bisa menjadi tenaga pendidik resmi di sekolah2 krn alasan ijazah namun apalah artinya itu. Bagi saya mengajar pd siapa saja itu lbh penting n saya lakukan tnp memungut biaya seperakpun. Dirumah2 ibadah pun saya(sekolah minggu) saya mengajar n itu memberikan semangat yg terus ada dlm hidup saya n tak pernah lekang dlm hati saya. Terimakasih pahlawan inspirasiku Ki Hajar Dewantara yg terus hidup dlm jiwa saya
Props
IDN Level 2 | All posts
IG: Andripy95
--
Tokoh : HR Rasuna Said
Mungkin banyak yg belum tahu kalo Hajjah Rangkayo Rasuna Said merupakan tokoh wanita yang punya andil besar dalam perjuangan Indonesia. Perempuan kelahiran tahun 1910 asal Sumatera Barat ini dikenal vokal menyuarakan kemajuan wanita seperti juga RA Kartini.
Demi kemajuan wanita, ia berusaha memasukkan politik ke di sekolah tempat ia mengajar namun ditolak mentah2. Di masa penjajahan Belanda, Rasuna kerap berpidato menentang penjajahan yang membuatnya di penjara tahun 1932. Keluar dari tahanan, tahun 1935 ini
menjadi pemimpin redaksi majalah Raya yang bersifat radikal pada kolonial Belanda. Rasuna juga membuat media cetak Menara Poeteri
yang membahas soal perempuan namun dengan tetap memasukkan kesadaran pergerakan antikolonialisme. Tulisannya dikenal tajam, tepat sasaran, dan selalu bersikap lantang pada penjajahan. Tak sedikitpun ia takut dijebloskan lagi ke dlm tahanan. Baginya, wanita bisa membantu perjuangan meski tanpa turun langsung berperang di lapangan.
Semangat dan aktivitas Rasuna Said memajukan kaum wanita sekaligus menggugah nurani bangsa untuk mencapai kemerdekaan melalui tulisan, ajaran, dan pidatonya yang sangat cerdas membuatnya terpilih duduk di DPR mewakili Sumatera Barat selepas kemerdekaan RI. Bung Karno pun pernah meminta Rasuna berpidato untuk meredam panasnya gerakan PRRI di tahun 1958 karena Rasuna sudah cukup disegani di wilayah Barat tanah air. Selanjutnya Rasuna juga menjadi anggota Dewan Pertimbangan Agung hingga akhir hayatnya di 2 November 1965. Jasa besar HR Rasuna Said diabadikan sebagai nama salah satu nama jalan protokol area Kuningan di ibukota.
Saya takjub dengan "kesaktian" HR Rasuna Said mengobarkan semangat persatuan rakyat Indonesia baik melalui tulisan dan pidatonya yg
konon tak kalah dengan Soekarno dan bung Tomo, terlebih lagi karena ia ternyata perempuan yang jaman dulu disepelekan. Kerap disepelekan.
Props
IDN Level 2 | All posts
IG : @itsukas2n
Pahlawan favorit : Cut Nyak Dien
Pahlawan perempuan yang gigih, tangguh dan pemberani yang tidak kenal kompromi melawan Belanda. Meski Cut Nyak Dien berasal dari keturunan sultan Aceh, bersama sang suami Teuku umar tak segan mengangkat senjata dan bertempur mempertahankan Daerah Aceh. Semangat juangnya mengajarkan kita bahwa untuk membela negara dan agama tidak ada perbedaan gender.
Salah satu penghormatan negara untuk nya yaitu dengan dikeluarkan mata uang rupiah Rp 10.000 tahun 1998 bergambar Cut Nyak Dien.
Props
12345Next
Advanced mode
You need to login first Login | Register Now

Points policy of this forum

wishes

Archiver|Mobile ver.|

Fast reply Top Return to list
Share link list
Share by pm