Release Note
ZenTalk

12345Next

[Winner Announcement] Siapa Pahlawan Favorit-mu?  Close

4616 45
Jump to specific floor
Latest Post
IDN Level 3 | All posts
Last edited by penangsangpoke on 2018/11/8 12:03

IG : @viriya1502
Pahlawan favorite saya adalah Moh. Hatta karena
Pada tahun 1926 Moh. Hatta memperkenalkan nama “Indonesia” dalam kongres Demokrasi Intemasional untuk Perdamaian di Bierville, Prancis. Nama “Indonesia” untuk menyebutkan wilayah Hindia Belanda ketika itu telah benar-benar dikenal kalangan organisasi-organisasi internasional. Walaupun dalam pembuangan, Hatta secara teratur menulis artikel-artikel untuk surat kabar. Dengan demikian, Hatta mempunyai cukup banyak bahan untuk memberikan pelajaran kepada kawan-kawannya di pembuangan mengenai ilmu ekonomi, sejarah, dan filsafat. Pidato yang diucapkan di Lapangan Ikada (sekarang Lapangan Merdeka) pada tanggaI 8 Desember 1942 menggemparkan banyak kalangan. Ia mengatakan, “Indonesia terlepas dari penjajahan imperialisme Belanda, oleh karena itu ia tak ingin menjadi jajahan negara lain lagi.Beliau Iebih suka melihat Indonesia tenggelam ke dalam lautan daripada sebagai jajahan orang lagi. Beliau di kenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia dan merupakan salah satu Pahlawan Proklamator.
#ZenPahlawan #ZenTalkID





Props
IDN Level 7 | All posts
Last edited by arief.azharie on 2018/11/8 13:51

Ig @gallery_arief
Pahlawan favorit saya adalah Cut Nyak Dhien

Alasan :
Cut Nyak Dhien adalah seorang pahlawan  dari Aceh yang juga istri seorang pahlawan nasional indonesia yaitu Teuku Umur. Mereka bergerilya bersama sama selama 19 tahun pernikahan dan dikaruniai 1 orang anak.

Meski Teuku Umar Gugur terlebih dahulu Namun Cut Nyak Dhien terus bergerilya sendirian bersama pasukannya

Masa milenial kini seorang suami dan seorang istri bahu membahu berperang untuk keluarga , demi kebahagian dan ekonomi keluarga.

Tapi tak terbayang apa Yang Cut Nyak Dhien dan Teuku Umar lakukan dimasa nya saat itu , bukan hanya bahu membahu demi sesuap nasi. Bahkan mereka berani mati bukan untuk suami / anak / istri tercinta tapi mereka berani mati demi Kemerdekan NKRI.

Salut untuk mereka... Jasa2 mereka tak hilang dimakan masa.
MERDEKA !!!

#ZenPahlawan #ZentalkID
Props
IDN Level 2 | All posts
IG @abusyakir02
Pahlawan Raden Intan II
Beliau di lahirkan di tahun 1834 di Desa Kuripan,Lampung selatan. Anak dari Raden Imba II. Beliau adalah salah satu Tokoh yang yang menyatakan penolakan terhadap Belanja yang telah menjajah Indonesia tercinta. Beliau di kenang masyarakat Lampung atas perjuangannya beliau melawan penjajah yang ada Di Indonesia. Salah satu untuk mengenang jasa Beliau Pemerintah Provinsi Lampung nama nama Beliau di gunakan sebagai objek Vital di Propinsi Lampung,salah satu nya adalah Bandara Raden Intan II,IAIN Raden Intan II. #ZenPahlawan #ZenTalkID
Props
IDN Level 1 | All posts
Last edited by zaldyweikath on 2018/11/8 20:13

IG : @zaldyweikath

Pahlawan favorite ku adalah Cut Nyak Dhien

Alasan favorite karena Cut Nyak Dhien adalah wanita yang pemberani sehingga beliau dibenci oleh Belanda. Beliau adalah anti-Belanda dan akan terus melawan Belanda hingga Belanda jatuh menyerah, perjuangan Cut Nyak Dhien selama 32 tahun dan pengorbanannya sungguh luar biasa, perang melawan Belanda dilakukan dengan strategi gerilya yang luar biasa dan semangat fisabilillah (berjalan di jalan Allah).

Beliau menikah dengan Teuku Umar untuk mengelabui Belanda , seakan akan teuku umar mengkhianati aceh padahal dia ingin tau strategi Belanda bagaimana..

Kami cinta ibu perbu ( ahli dibidang agama ) yang sudah di akui oleh Soekarno

#ZenPahlawan #ZenTalkID
Screenshot_2018-11-08-20-07-17-668_com.android.chrome.png
Props
Last edited by alexanderjonathanmanurung on 2018/11/10 07:21

IG: @lxndrj
Pahlawan favorit: Alm. Sutomo (Bung Utomo)

Alasannya, beliau sangat vokal dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, gerakan/tindakan dan semangat beliau mampu membangkitkan semangat juang rakyat Surabaya di kala itu dan beliau mendapat gelar pahlawan nasional tepat pada tanggal 10 november, yang mana kebetulan saya juga lahir di tanggal 10 November 😊 . Hehe. Sumpah gue senang banget. Itu jadi motivasi saya untuk bersemangat dan pantang putus asa dalam hidup ini. Berkarya buat negara.
Yok anak-anak muda sekarang, mengisi kemerdekaan negara kita ini dengan hal yang bermanfaat dan positif. Merdekaa!!

#ZenPahlawan #ZenTalkID  
Props
IDN Level 1 | All posts
IG @ariesindra78

Min, kalau pahwalah favorit saya Bung Tomo. Boleh dong share sedikit tentang Bung Tomo

Yuk kenalan siapa itu Bung Tomo.
Sutomo terutama sekali dikenang karena seruan-seruan pembukaannya di dalam siaran-siaran radionya yang penuh dengan emosi.
Biografi
Nama: Sutomo
Lahir: 3 Oktober 1920, Surabaya
Meninggal: 7 Oktober 1981, Arafah, Mekkah, Arab Saudi
Jabatan dalam kabinet yang pernah dipegang: Menteri Negara, Menteri Sosial (ad interim)
Kementerian yang pernah dikelola: Kementerian Sosial Republik Indonesia
Menjabat dalam kabinet: Kabinet Burhanuddin Harahap
Era kabinet: Demokrasi liberal

Nah sekarang kita lihat sejarah tentang 10 November itu di peringati hari pahlawan , ternyata Bung tomo ini salah satu Pelopor perjuangan pada pertempuran di Surabaya loh. Begini cuplikan dari Wiki
pada umur 61 tahun)[1] lebih dikenal dengan sapaan akrab oleh rakyat sebagai Bung Tomo, adalah pahlawan yang terkenal karena peranannya dalam membangkitkan semangat rakyat untuk melawan kembalinya penjajah Belanda melalui tentara NICA, yang berakhir dengan pertempuran 10 November 1945 yang hingga kini diperingati sebagai Hari Pahlawan.
Sutomo pernah menjadi seorang jurnalis yang sukses. Kemudian ia bergabung dengan sejumlah kelompok politik dan sosial. Ketika ia terpilih pada 1944 untuk menjadi anggota Gerakan Rakyat Baru yang disponsori Jepang, hampir tak seorang pun yang mengenal dia. Namun semua ini mempersiapkan Sutomo untuk peranannya yang sangat penting, ketika pada Oktober dan November 1945, ia menjadi salah satu Pemimpin yang menggerakkan dan membangkitkan semangat rakyat Surabaya, yang pada waktu itu Surabaya diserang habis-habisan oleh pasukan Inggris yang mendarat untuk melucutkan senjata tentara pendudukan Jepang dan membebaskan tawanan Eropa. Sutomo terutama sekali dikenang karena seruan-seruan pembukaannya di dalam siaran-siaran radionya yang penuh dengan emosi.

Meskipun Indonesia kalah dalam Pertempuran 10 November itu, kejadian ini tetap dicatat sebagai salah satu peristiwa terpenting dalam sejarah Kemerdekaan Indonesia.

MERDEKA ATAU MATI.
Siapa yang tidak kenal Teriakan Semangat Ini. Waktu saya kecil ini sering kita ucapkan ketika main perang-perangan.

Yup sekarang kita memperingati Hari Pahlawan di 10 November yang ga luput dari jasa beliau

#ZenPahlawan #ZenTalkID
Props
Last edited by walyatalattaf.hamidi on 2018/11/9 16:19

my ig : @walya5

buyahamka.jpg


tokoh  pahlawan indonesia favorit
Abdul Malik Karim Amrullah atau yang lebih dikenal dengan Buya Hamka
Ulama besar kelahiran Tanah Sirah, Nagari Sungaibatang, Maninjau, 17 Februari 1908, ini, ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional sejak 2011 silam.
lebih kenal sebagai ulama dan sastrawan diantara karyanya : Tafsir Al-Azhar, Tenggelamnya Kapal Van der Wijck, dan Di Bawah Lindungan Ka’bah, dan juga juga mendapat gelar doktor dari Universitas Alazhar dan Universitas Malaysia. Kemudian, Buya Hamka juga menjadi Guru Besar Universitas Moestopo, Jakarta.
Perjuangan Buya Hamka untuk bangsa, tidak hanya dikobarkan lewat tulisan, tapi juga dibuktikan di berbagai di medan juangan. Mulai dari bergerilya bersama Barisan Pengawal Nagari dan Kota (BPNK) menyusuri hutan pengunungan di Sumatera Barat untuk menggalang persatuan menentang kembalinya Belanda,  pernah menjadi pemimpin Front Pertahanan Nasional Sumbar semasa Agresi II Belanda.
Sebelum wafat  di Jakarta, 24 Juli 1981, dalam  usia 73 tahun, Buya Hamka yang aktif di Muhammadiyah, pernah dipercaya sebagai ketua MUI pertama.


#ZenPahlawan #ZenTalkID
Props
Last edited by subkhansutantoso7 on 2018/11/10 05:30

IG : khandso7
Pahlawan Favorit : Sutomo atau lebih dikenal Bung Tomo
Beliau adalah penggerak perjuangan arek-arek Surabaya pada tanggal 10 November 1945. Ia berpidato menghimbau para warga Surabaya dan seluruh rakyat Indonesia untuk tidak menuruti ultimatum NICA (Belanda). Beliau menyerukan agar rakyat Surabaya bersatu, jangan takut dan siapkan senjata. Resolusi jihad sebagai tonggak perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajah. Lewat slogan "Merdeka Atau Mati" beliau mampu menggugah hati para pemuda Surabaya untuk mengangkat senjata berjihad melawan NICA yang akan merebut kota Surabaya. Terjadilah perlawanan besar-besaran di Surabaya, puluhan ribu pejuang gugur demi mempertahankan kemerdekaan. Banyak pejuang yang tidak diketahui identitasnya menjadi korban. Untuk mengenang jasa mereka maka setiap tanggal 10 November diperingati sebagai hari Pahlawan. Bung Tomo juga sosok yang cerdas dan tidak haus akan kekuasaan. Beliau pernah menjabat menjadi menteri. Sikap patriotisme ditunjukkan ketika menolak permintaan agar tidak berpidato melawan penguasa waktu itu dengan imbalan akan dijadikan seorang jendral. Lewat jawaban tegas beliau menjawab "Jancuk, Ora Dadi Jendral ya Ora Patheken." Beliau juga seorang muslim yang taat, sampai akhir hayatnya. Beliau meninggal saat umroh. Sosok yang sederhana sampai ajal menjemput, sebagai buktinya beliau berpesan agar dimakamkan dipemakaman  biasa, beliau kemudian dimakamkan di TPU Ngagel, Surabaya.
Oleh sebab itu, kita harus bisa mencontoh dan meneruskan perjuangan para pahlawan bangsa. Sebagai generasi penerus, masa depan bangsa adalah tanggung jawab kita bersama.
Selamat beristirahat para pahlawan, jasamu akan selalu ku kenang, sikapmu akan kujadikan suri tauladan, perjuanganmu akan kuteruskan. Demi lambang garuda di dada, demi sang saka merah putih, demi Indonesia. "MERDEKA atau MATI" "Rawe-Rawe Rantas Malang-Malang Putung" #NKRIHARGAMATI

Selamat Hari Pahlawan
"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya" ~ Ir. Soekarno

#ZenPahlawan #ZenTalkID
Props
Last edited by taufik hidayatulloh on 2018/11/10 23:24

IG : @ovickzz
Hari ini tepat tgl 10 November yang mana setiap tahunnya di peringati sebagai hari pahlawan,, kalau di tanya siapa pahlawan favorit mu? Jawabannya pasti Supriyadi, mungkin kalian belum pernah mendengar siapa beliau karena tak banyak orang yang tau akan keberadaan beliau, kenapa beliau menjadi pahlawan favorit saya? itu karena Supriyadi merupakan sosok pemuda yang pemberani, orang pertama yang melakukan pemberontakan saat penjajahan Jepang. Menurut informasi yang saya dapat dari museum PETA di Bogor,  Supriyadi harusnya menyandang gelar sebagai Jendral Besar karena keberaniannya dan rasa nasionalisme yang tinggi terhadap rakyat dan negara Indonesia, beliau mampu mengobarkan semangat para pemuda yang waktu itu tergabung dalam PETA (Pembela Tanah Air) untuk ikut berontak melawan orang-orang jepang. Namun gelar sebagai Jendral Besar gagal beliau dapatkan karena keberadaan nya hingga saat ini tidak di ketahui, sehingga gelar itu jatuh pada Jendral Sudirman. Keberanian beliaulah yang membuat saya kagum karena berani berontak terhadap kekuasaan yang tidak adil, sifat beliau yang sangat baik tak tega melihat rakyat dengan sistem rumosa membuat saya berpikir tidak boleh hanya mementingkan diri sendiri namun harus juga memikirkan orang-orang di sekitar kita, apabila ada orang dalam kesulitan kita wajib membantunya selagi kita mampu.
Dan pahlawan yang paling berarti buat saya yaitu kedua orang tua saya, yang pantang menyerah banting tulang mendidik dan membesarkan saya sampai saat ini, tanpa mereka saya tidak akan seperti sekarang ini, jasa mereka tidak akan terbalas sepanjang masa. #ZenPahlawan #ZenTalkID
1541860765109.jpg
Props
IDN Level 5 | All posts
Last edited by RianFernando on 2018/11/11 18:20

Ig: rian.rf2
.
Pahlawan favorit saya adalah BUNG TOMO.
Sutomo atau yang lebih kita kenal dengan sapaan “Bung Tomo”,adalah salah satu pemimipin pergerakan perjuangan rakyat Indonesia melawanpenjajah pada 10 November 1945 di surabaya. Beliau dengan teriakan takbir “AllahuAkbar” dan “Merdeka atau Mati” pada pidato nya dapat membakar semangat rakyatsurabaya dan seluruh rakyat Indonesia untuk berjuang mempertahankan NKRI.Meskipun pada pertempuran 10 November itu Indonesia kalah, tetapi Bung Tomotelah berhasil mencatatatkan sejarah penting bagi Indonesia. Kritis dansemangat nya yang bekobar-kobar itu lah yang saya suka dari Bung Tomo.
Cuma yang disayangkan, mengapa baru pada tanggal 10 November2008 beliau diberikan gelar Pahlawan Nasional? (sumber: Bung Tomo)Ah sudahlah yang terpenting dari saya tau sejarah beliau, saya sudah menganggapbeliau Pahlawan Nasional, Pahlawan Indonesia.
Nah ayo anak muda contoh semangat nya bung tomo, apa lagiyang mau deketin gebetan jangan semangat diawal doang, gitu liat doi jalan amateman cowok/cewek semangat nya langsung terbang
#ZenPahlawan #ZenTalkID
Props
12345Next
Advanced mode
You need to login first Login | Register Now

Points policy of this forum

wishes

Archiver|Mobile ver.|

Fast reply Top Return to list
Share link list
Share by pm