Release Note
ZenTalk

12Next

[Share] Pengertian A-GPs-Glonass

19498 17
Jump to specific floor
Latest Post
jeynotobing IDN Level 3 | All posts
Last edited by ZenLight on 2016/6/8 10:48





Kalau selama ini pengguna ponsel sering mendengar apa itu GPS ( global positioning system ) namun saya yakin masih banyak lagi yang belum mengenal apa itu Glonass. Untuk ulasan tentang GPS with A-GPS-Glonass ikuti ulasan singkat di bawah ini.

Spesifikasi ponsel disertai GPS sudah biasa namun ada tambahan 'with A-GPS-Glonass' itu baru pilihan yang bagus. Lalu apa beda GPS dan Glonass ?.

Sebenarnya sama saja fungsi antara GPS dan Glonass, yaitu sebagai pemeta posisi bumi. Namun antara GPS dan Glonass tentu lain pengembangnya serta lain pula transmitter satelite yang digunakannya.

Seperti diketahui, GPS dikembangkan oleh Departemen pertahanan Amerika Serikat dibawah kendali Departemen Angkatan Udara-nya. Glonass dikembangkan oleh pihak Rusia dibawah kendali Dewan pertahanan Ruang angkasa.

Saat ini GPS tidak lagi menjadi sistem navigasi utama. Dan kata GPS adalah sistem navigasi satelit dari Amerika yang paling dikenal hanya kata Navigasi atau GPS sebagai alat / sistem penunjuk posisi. Sejauh ini ada 6 sistem satelit navigasi berbeda. 2 konstelasi (rangkaian) satelit yang sudah lengkap dari total 6 sistem satelit yang ada di dunia.Yang sudah siap digunakan oleh umum, dan dipakai pada perangkat elektronik seperti smartphone , alat GPS. GPS Global Positioning Sattelite, sistem satelit navigasi pertama, terbesar, terus diperbaharui dan dikembangkan oleh Amerika. Menjadi sistem satelit navigasi pertama paling lengkap. Awalnya dirancang untuk militer dan terakhir digunakan untuk umum.

Glonass dikembangkan oleh Rusia, baru dibuka untuk publik tahun 2007 dan sudah bekerja penuh tahun 2011. Total 31 satelit navigasi, yang beroperasi penuh saat ini hanya 24 satelit. Rusia menyelesaikan semua konstelasi pada Desember 2012. Sistem navigasi lain tetapi belum digunakan secara umum

Galileo dikembangkan oleh Eropa, sejauh ini dikembangkan hanya untuk negara Eropa. Diperkirakan beroperasi tahun 2014

Beidou dikembangkan oleh China, sejauh ini baru meliputi area terbatas seperti Asia dan laut Pasifik barat dan beroperasi tahun 2012. Diperkirakan sudah meliputi seluruh dunia tahun 2020 serta berganti nama menjadi navigasi Compass.

IRNSS milik India,, tetapi hanya meliputi di India dan utara laut India

QZSS, hanya meliputi Jepang , Papua dan sebagian Australia.

Beroperasi penuh tahun 2013
Hanya 2 yang sudah digunakan oleh umum sampai tahun 2012 adalah Glonass (Global Navigation Satellite System) milik Rusia terakhir sudah 24 satelit dan GPS milik Amerika dengan memiliki 30 satelit.

Dengan mengaplikasikan kedua sistem ini bersama-sama maka tingkat akurasi, ketelitian serta pemetaan dataran akan lebih minim kesalahan. Jadi smartphone yang didalamnya mempunyai fitur GPS with A-GPs-Glonass memang lebih akurat dibanding hanya dengan fitur GPS saja.
Props
IDN Level 3 | All posts
Well done...bacaan menarik gan
Props
IDN Level 5 | All posts
a-gps kan harus pake internet gan, klo glonass gimana cara kerjanya
Props
jeynotobing IDN Level 3 | All posts
thirdchild posted on 2016/6/7 14:42
a-gps kan harus pake internet gan, klo glonass gimana cara kerjanya

Gan gps dan glonass itukan sistem navigasi gan jadi ketika Anda mengaktifkan GPS, sistem GLONASS juga diaktifkan secara otomatis.
Props
Oh.... g2 ya om jd kalo kalo ada 22nya lebih akurat, coba indobesia pnya kaya g2 untuk wilayah kita sendiri pasti lebih akurat lagi hehe
Props
IDN Level 1 | All posts
Tapi sekarang sistem navigasi di handphone cuman butuh lock lokasi sekali selanjutnya kemampuan aplikasi yg di andalin, mode offline aja udahh bisa sekarang
Props
Ga semua smartphone pake AGPS dan ga semua juga pake Glonass, intinya cara kerjanya sama yaitu sistem pemetaan dan navigasi berbasis satelit, AGPS dikembangkan oleh Amerika, sedangkan Glonass dikembangkan oleh Rusia. Naah, menariknya Asus ZenFone kesayangan kita kebanyakan udah pake dua alat tsb, dan keuntungannya jika dipadukan, maka sistem navigasi GPS serta pemetaan ini jadi lebih cepat dan akurat! Sebenarnya tanpa koneksi ke internet pun kita bisa memanfaatkan radar satelit langsung untuk memakai fitur GPS ini, namun kurang mantap jika tanpa koneksi internet, terlebih di daerah atau tempat yg sulit ditembus sinyal satelit. Semoga membantu.
Props
Last edited by rieaz.darkmoon.evilz on 2016/6/9 03:57
deckiprandekha posted on 2016/6/8 20:39
Tapi sekarang sistem navigasi di handphone cuman butuh lock lokasi sekali selanjutnya kemampuan apli ...


Lebih tepatnya ngandelin koneksi internet, aplikasi navigasi tanpa internet ya nothing, meskipun bisa secara offline, tapi kelemahannya data2nya bisa kurang update dalam rentang waktu tertentu. Anyway, akhirnya balik lagi deh pasti butuh koneksi internet buat update ulang data2nya dengan cara download. wkwkwk.
Props
IDN Level 1 | All posts
Untuk type zenfone 2 laser ze500kl knp gps nya gk akurat ya??
Props
IDN Level 1 | All posts
Bagaimana caranya supaya GPS bisa menunjukkan lokasi lebih akurat dan cepat..
Props
12Next
Advanced mode
You need to login first Login | Register Now

Points policy of this forum

wishes

Archiver|Mobile ver.|

Fast reply Top Return to list
Share link list
Share by pm