Release Note
ZenTalk


[Share] Mengenal Jenis - Jenis Sensor pada Smartphone

6190 0
Jump to specific floor
Latest Post
Einzel IDN Beta Tester | All posts
Last edited by Einzel on 2016/4/8 17:08



Pada saat ini smartphone merupakan perangkat yang wajib dimiliki oleh semua kalangan, mulai dari remaja, dewasa, maupun yang lanjut usia juga tak mau ketinggalan. Smartphone yang saat ini berfungsi mempermudah aktivitas manusia membuat perangkat ini semakin merajalela. Terlebih semakin canggihnya fitur yang ditawarkan dari tahun ke tahun, sehingga dunia serasa berada di dalam genggaman kita.

Namun sayangnya masih banyak pengguna smartphone yang belum mengetahui bagian dari kecanggihan yang tersembunyi di dalamnya. Bagian yang sering terlupakan oleh para pengguna smartphone antara lain yaitu sensor. Sensor yang terpasang pada smartphone terdiri dari berbagai jenis dan memiliki fungsi yang berbeda dengan yang lainnya. Lalu apa saja jenis-jenis sensor yang terdapat pada smartphone sekarang ini? berikut ulasannya.

Jenis-Jenis Sensor Pada Smartphone

1. Akselerometer


Mari kita mulai dari sensor pertama yang paling umum digunakan yaitu sensor akselerometer. Sensor ini berfungsi untuk mendeteksi orientasi perangkat pada saat kita mengubah modus layar dari tegak (potrait) ke mendatar (lanscape). Biasanya sensor ini bekerja ketika kita memainkan game yang bertipe horizontal seperti balapan dengan menggunakan kemudi dengan cara memiringkat perangkat, otomatis sensor ini akan aktif. Sensor ini juga bisa dinonaktifkan ketika kita tidak membutuhkannya.

2. Giroskop


Hampir sama dengan sensor akselerometer, sensor ini juga mendeteksi orientasi dari sebuah perangkat. Perbedaannya adalah akselerometer dipengaruhi oleh gravitasi, sedangkan giroskop tidak. Perbedaan lainnya terletak pada fungsinya sendiri, giroskop lebih presisi dengan menetapkan prinsip memonetum sudut. Selain itu, giroskop juga mampu menampilkan dimensi tambahan untuk informasi yang diberikan oleh  akselerometer dengan melacak rotasi perangkat.

3. Magnetometer


Sensor berikutnya merupakan sensor yang juga umum ditemukan pada smartphone pada saat ini, yaitu magnetometer. Dari namanya, bisa ditebak bahwa sensor ini mampu mendeteksi medan magnet. Magnetometer merupakan salah satu sensor yang digunakan aplikasi kompas di smartphone untuk mengarah pada kutub utara bumi. Aplikasi yang dibuat untuk mendeteksi logam juga menggunakan sensor ini.

4. Proximity


Sensor proximity pada smartphone berfungsi untuk mematikan layar pada saat menelepon. Sensor ini umumnya terletak pada bagian atas smartphone atau di samping kamera depan yang terdiri dari LED inframerah dan detektor cahaya inframerah. Sensor proximity bekerja dengan memancarkan secercah cahaya inframerah yang dipantulkan dari objek terdekat dan kemudian dijemput oleh detektor inframerah.

Sehingga pada saat smartphone didekatkan ke telinga maka layar akan mati dengan otomatis. Dengan adanya sensor proximity ini penggunaan baterai tentu akan lebih hemat pada saat menelepon.

5. Sensor Cahaya


Selanjutnya, sensor yang ada pada smartphone adalah sensor cahaya. Sensor ini bekerja dengan cara menyesuaikan kecerahan layar smartphone berdasarkan cahaya di sekitarnya. Untuk mengaktifkan sensor ini kita bisa mengaturnya ke pengaturan kecerahan layar dengan mencentang mode auto.

Cara kerja sensor ini jika cahaya di skitarnya melimpah, maka kecrahan layar akan bertambah. Juga sebaliknya, jika cahaya di sekitarnya minim maka kecerahan layar juga akan berkurang. Dengan mengaktifkan kecerahan layar pada mode otomatis ini bisa memperpanjang daya tahan baterai.

6. Barometer


Sensor barometer biasanya terdapat pada smartphone high-end. Sensor ini berfungsi untuk mengukur tekanan udara atau atmosfer. Dengan sensor ini lokasi kita akan diukur untuk menentukan posisi kita di atas permukaan laut yang biasanya memiliki tekanan udara yang tinggi. Dengan ini kita juga mampu untuk mengoptimalkan akurasi dari GPS pada smartphone.

7. Termometer


Sesuai namanya, sensor ini dapat mengetahui suhu pada smartphone. Sensor ini umumnya bekerja pada saat perangkat atau baterai mengalami overheat (pemanasan berlebih). Ketika terjadi pemanasan berlebih, sensor ini akan bekerja untuk mematikan perangkat secara otomatis.

Dengan adanya sensor ini maka smartphone akan tercegah dari kerusakan yang ditimbulkan oleh overheat. Sensor yang satu ini biasanya juga terdapat pada smartphone high-end.

8. Pedometer


Pedometer merupakan sensor yang digunakan untuk menghitung jumlah langkah pengguna. Data tersebut memang biasanya juga dapat diperoleh oleh akselerometer, tetapi sebuah pedometer khusus jauh lebih akurat dan hemat daya. Google Nexus 5 adalah di antara beberapa smartphone yang memiliki pedometer secara utuh.

Itulah macam-macam sensor yang ada pada smartphone saat ini yang jarang diketahui oleh penggunanya. Diharapkan setelah kamu membaca artikel ini, kamu bisa memanfaatkan kecanggihan yang ada pada smartphone kamu dengan berbagai macam sensor dengan fungsinya masing-masing.

Life is like a piano, white and black. If God play it, all will be a
beautiful melody.

Visit My Blog www.Jutek.id
Props
Advanced mode
You need to login first Login | Register Now

Points policy of this forum

wishes

Archiver|Mobile ver.|

Fast reply Top Return to list
Share link list
Share by pm