Release Note
ZenTalk

12Next

[Share] [Review] Asus Zenfone Selfie, selfie tiada lawan!

6321 13
Jump to specific floor
Latest Post
abangbam IDN Level 5 | All posts
Last edited by abangbam on 2015/12/24 20:28

11.jpg

Asus ZenFestival 2015 dipenghujung akhir tahun 2015 tepatnya tanggal 19 November 2015 sekaligus menelurkan 4 varian baru dari keluarga Zenfone series yaitu ZenFone 2 DeluxeSpecial Edition, ZenFone 2 Laser, ZenFone Max, dan ZenFone Selfie. Salahsatunya yang akan kita bahas kali ini adalah yang mempunyai dual flash dan dualkamera 13MP atau yang di kenal dengan Asus Zenfone Selfie dengan kode Z00UD.Dari namanya sudah dapat diterka bahwa fitur utama yang ingin ditonjolkan adalah kamera depannya yang mempunyai resolusi tinggi untuk selfie (memotret diri sendiri) dan dengan fitur tambahan laser focus serta dual tone LED flash.Smartphone ini sudah dapat ditemui dipasaran dengan kisaran harga 2.8jt dan aksesoriesnya juga sudah dapat kita temui di online store yang cukup terkenal.

Paket




Dalam paket penjualannya sepertibiasa terdapat smartphone, kabel charger yang sekaligus sebagai kabel data serta adaptornya, manual dan kartu garansi, tidak ditemukan headphone walaupun masih ada 1 blok tempat yang tersisa yang kemungkinan di negara lain disertakan. Pada kotak yang kami terima terdapat label stiker TAM dan pada bagian belakangtertera di import oleh PT. Erajaya Swasembada TBK.

Spesifikasi & Design
Asus Zenfone Selfie dengan kodeZD551KL menggunakan Qualcomm Snapdragon 615 dengan 8 core (fabrikasi 28nm), 3GBram, 32GB storage internal, Adreno 405 @550Mhz grafis, Lolipop 5.0.1 (sekarangsudah 5.0.2), 13MP kamera depan dan belakang, dual tone flash depan danbelakang, laser auto focus (0.03 s), Asus Sonic Master speaker dan besar layar5.5” (1080x1920p – 403 dpi). Smartphone ini cocok sekali digunakan untuk kawula muda yang mendambakan kecepatan, besar layar yang sesuai dan terutama jaringan super cepat terupdate saat ini yaitu koneksi 4G (LTE) di kedua buah slot kartunya,WiFi 802.11 b/g/n/ac  dan hanya seberat 107g serta baterai 3000mAh Li-Po.

Dengan design yang terinspirasi dari Zen, Asus tetap menghadirkan design berkualitas pada smatphone ini seperti ketebalan yang hanya 3.9mm menjadikan Zenfone Selfie nyaman digenggam berkat paduan design arc (melengkung) pada sisi belakang yang sekaligus menjadi cover untuk mengakses baterai dan slot kartu. Tombol suara dijadikan sejajar dengan kamera dan dual tone flash secara simetris menjadikannya tambah elegan. Walau penutup cover dan tombolnya terbuat dari plastic namun dengan teknologi NCVM molding dapat menghasilkan tampilan metal dan gradiasi yang solid sehinggatetap ringan ketika digenggam.


Testing, Software & Benchmark

Kamera depan dan belakang, kami menggunakan setting default pada kamera belakang (13MP auto) dan kamera depan di set (13MP beautification) karena biasanya kamera depan digunakan untuk selfie maka fitur beautification sebaiknya diaktifkan untuk mempercantik hasilnya.
Kamera Belakang 13MP Auto
Kamera depan 13MP Beautification


Kamera belakang 13MP Auto

Kamera depan 13MP Beautification
Kesimpulan: dari pengambilan gambar tersebut walaupun posisi kamera sama terlihat kamera depan lebih luas yang mana memang lebih berfungsi untuk selfie.

CPU-Z (1.17),software ini membaca spesifikasi dari Zenfone Selfie.












Quadrant Standard (2.1.1), software ini mengkalkulasi CPU, I/O and 3D graphics benchmark dan dijadikan dalam satu index point.

Nena Mark2 (2.4), software ini melakukan testing kemampuan GPU dengan engine OPENGL 2.0 dengan tingkat kompleks yang lebih tinggi dari versi 1dan mendukung resolusi yang lebih tinggi.

Antutu Benchmark (6.0), software ini melakukan testing secara keseluruhandari smartphone mulai dari grafis 3D, CPU, user interface dan ram dengan proporsi yang seimbang.

Multi Touch (bagian dari antutu), testing kemampuan jumlah sentuhan pada layar kaca android.

Passmark Performance Test Mobile (1.0.4000), pioneer di benchsoftware PC kali ini tersedia pada perangkat android. Benchmark sintetik pada CPU, Disk, Memory, grafis 2D dan 3D.



Vellamo (3.2), software ini dikembangkan langsung oleh Qualcomm untuk testing kemampuan dan koneksi browser serta multi core dari CPU.



Kesimpulan

Dengan fitur terkini dan design yang dapat memenuhi kebutuhan pasar kawula muda, Asus Zenfone Selfie sangat menarik pada bagian kameranya yang seringkali digunakan untuk kegiatan selfie tidak hanya kawula muda namun juga oleh penulis ketika melakukan trip dan melakukan foto bersama keluarga. Led flash yang juga terdapat pada bagian depan berfungsi sekali ketika pencahayaan di sekitar lingkungan anda cukup temaram,berhubungan dengan privasi maka kami hanya dapat menampilkan foto area pemandangan saja dan untuk menunjukkan hasilnya kami sertakan pada ulasan diatas sebagai pembanding kamera depan dan belakang. Dari kegiatan foto yang seringkali kami lakukan pada objek indoor maupun outdoor, Asus Zenfone Selfie tidak kesulitan menangkap gambar dengan cepat karena mempunyai fitur laser autofocus dengan kecepatan 0.03 detik sehingga kami tidak kehilangan momen yangingin ditangkap pada kamera.

Untuk sisi storage bisa diakui 32GB untuk saat ini merupakan sangat mewah, ini terbukti dari sekitar 90an aplikasiyang penulis pakai menghasilkan sisa kapasitas 16GB saja walaupun penulis juga menggunakan memory external 32GB sebagai storage tambahan untuk menyimpandokumen lainnya. Kami menginstall lebih dari 15 aplikasi benchmark, 15 aplikasisoc-med, 10 aplikasi foto, 15 aplikasi online store dan sisanya aplikasi office,hobby dan tools management / maintenance, tidak menjadikan Zenfone Selfie lambat ataupun hang. Satu-satunya kendala lambat adalah ketika koneksi internet dari provider kadang bengong ketika mendaat sinyal 4G ini juga terjadi ketikakami menggunakan PC, mungkin kedepannya koneksi provider simcard akan lebih diperbaiki mengingat dijaman sekarang ini semuanya sudah berbasis cloud computing kehandalan konektifitas menjadi andalan utama.

Dengan grafis Adreno 405, ram 3GBdan storage yang memadai untuk instalasi game terkini yang memakan ruang 2hingga 5GB, membuat Asus Zenfone Selfie memadai untuk memainkan game terbaru sekalipun walau perlu di setting dengan medium quality mengingat kelas processornya memang ditujukan untuk kelas mainstream bukan high-end, namun untuk game online macam Castle Clash/Vainglory/Duel Otak dapat memberikan tampilan yang natural dan memukau.

Salah satu aplikasi yang sangat kami favoritkan diantara semua aplikasi yang ada secara built-in di Asus Zenfone adalah Asus Backup dan Auto Start Manager, Asus Backup ini memungkinkan kita membackup secara penuh dari data sampai user ID kita sehingga memudahkan kami ketika harus melakukan review Asus Zenfone series lainnya dan Auto-Start Manager membuat kami tidak perlu melakukan rooting pada Asus Zenfone series.

Dipasarkan dengan rentang harga 2.8jt menjadikan Asus Zenfone Selfie pesohor dikelasnya dengan fitur unggulan dual kamera-dual LED flash, sampai saat ini belum ada fitur dan harga yangmenyamai smartphone ini sehingga bisa dipastikan merupakan produk yang tanpa lawan. Jika anda yang mendambakan storage besar (32GB), ram memadai (3GB), kamera super cepat dengan resolusi tinggi depan-belakang (13MP) dan layar yang cukup sedang (5.5’) maka hanya dapat ditemui oleh Asus Zenfone Selfie, walau mengusung fitur kamera depan namun smartphone ini juga merupakan all around smartphone yang bisa anda miliki saat ini. Ayo beli sekarang, anda tidak akankecewa seperti saya!
Props
IDN Beta Tester | All posts

Replies Awards +1

wohh kerenn gan , jadi makin tertarik dengan Zenfone Selfie
Props
IDN Level 5 | All posts
Nice review,lengkap neh reviewnya
Props
IDN Level 4 | All posts
Mantabb..ane udah pake zen selfie..
Props
IDN Level 3 | All posts
Ini agan ngetikmy kedouble gitu yah? emang mantep ini Zen selfie tp itu harga ny cepet banget turun jd kerasa gimanabuat yg blom sampe sebulan beli
Props
IDN Level 7 | All posts
Ntap! Review lengkap abis nih mumpung ane pake zenfie jugak
Props
IDN Dr.Zen | All posts
wah udah mulai bnyak yg review ini smartphone yah
kayak ny emang pada doyan selfie nih
mantab ini review nya..
Props
abangbam IDN Level 5 | All posts
GonewajeGovi posted on 2015/12/23 15:41
Ini agan ngetikmy kedouble gitu yah? emang mantep ini Zen selfie tp itu harga ny cepet banget turun  ...

Fixed, iya lumayan ini seri selfie .. all around smartphone multifungsi
Props
om testing dong buat maen game real racing 3 , lag apa engk . masalahnya gw pakai zen selfie maen real racing lag sama patah2 . testing dong hehe padahal dlu pke zen 5 lancar jaya maen real racing
Props

9# rizalwidyaputra
2015/12/31 20:17
om testing dong buat maen game real racing 3 , lag apa enggak . masalahnya gw pakai zen selfie maen real racing lag sama patah2 . testing dong hehe padahal dlu pke zen 5 lancar bgt maen real racing tp setelah pke ini buat maen itu ngelag
Props
12Next
Advanced mode
You need to login first Login | Register Now

Points policy of this forum

wishes

Archiver|Mobile ver.|

Fast reply Top Return to list
Share link list
Share by pm