Release Note
ZenTalk

[Static image] Wisata Religi di Pulau Seribu Masjid

368 0
Jump to specific floor
Latest Post
wisata lombok indah.jpg

Selain wisata bahari,wisata religi di perlukan untuk menyegarkan alam rohani setiap manusia. Spiritualitas manusia di perlukan untuk menjaga keseimbangan diri mereka di dalam menjalani hidup sehari-hari. Tidak hanya cerdas secara emosional dan intelektual, di dalam ilmu psikologi, kecerdasaan spiritual mempunyai peran yang sama untuk menjadikan manusia itu berkarakter yang mulia.

Di pulau Lombok yang di kenal dengan pulau seribu masid ini terdapat banyak tempat-tempat untuk melakukan wisata religi. Khususnya makam keramat yang kerap kali di ziarahi oleh para peziarah dari dalam maupun luar daerah. Makam-makam keramat itu tersebar hampir di seluruh penjuru pulau Lombok. Posisi makam ini dalam alam pikir sosial masyarakat setempat begitu penting. Sama pentingnya sebagaimana melakukan refreshing di pantai.

Sebelum memutuskan untuk melakukan travelling ke beberapa tempat menarik ini, ada baiknya Anda melakukan reservasi di tempat sewa dan rental mobil, sebab jarak antara tempat wisata yang satu dengan lainnya cukup berjauhan. Dengan akomodasi yang memadai, tentu jarak tak akan menjadi masalah sehingga rekreasi Anda tak akan terganggu. Berikut ada beberapa tempat wisata religi yang terkenal di pulau Lombok.

Makam Loang Baloq
Makam Loang Baloq terletak di Tanjung Karang kota Mataram. Posisinya dekat dengan pantai. Di areal makam terdapat pohon beringin yang besar. Dinamakan Makam Loang Baloq, menurut beberapa versi mengatakan bahwa dahulu di tempat ini adalah tempat para buaya, sebagaimana arti Loang Baloq dalam bahasa sasak artinya Lubang Buaya,
Makam ini kerap di ziarahi siang dan malam. bahkan beberapa peziarah dari luar pulau Lombok sering menginap di areal makam. Di makam Loang Baloq terdapat tiga makam yang utama, Makam Anak Yatim, makam Datuk Laut dan makam Ghaoz

Abdurrazak. Biasanya Makam Ghaoz Abdruzzak yang menajadi tujuan utama para peziarah.
Di makam ini kerap kali para peziarah melakukan hajatan ngurisan. Yakni mencukur bayi yang baru lahir dengan menyembelih kambing di areal makam. Selain itu para peziarah sering melakukan nazar di tempat ini atau bahasa setempat di kenal dengan “besangi”. Setelah berdoa dan mengutarakan nazar para peziarah biasanya akan mengikat tali di akar pohon beringin makam dan akan kembali membukanya ketika hajat atau nazarnya telah terkabul.

Makam ini mempunyai fasilitas yang bisa di gunakan oleh peziarah seperti mushalla dan beberapa langgar yang dapat di gunakan segai tempat untuk bersitirahat. Di seberang jalan makam, terdapat taman Loang Baloq. Para peziarah bisa bersantai menikmati panorama taman dan laut di taman ini setelah berziarah di makam Loang Baloq.

Makam Batu Layar
Makam batu layar terletak di pinggir pantai jalan menuju pantai Senggigi kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat. Makam ini di percayai sebagai makam ulama yang pernah menyebarkan islam di pulau Lombok. Ulama ini sering di katakana sebagai keturunan nabi Muhammad. Namun ada juga mengatakan bahwa ulama ini berasal dari negeri Baghdad bernama Sayid Duhri Al Haddad Al Hadrami. Setelah Ulama ini berhasil menyebarkan islam di Lombok, beliau derniat pulang kembali ke negeri asalanya. Setelah sampai di pantai batu layar, ia duduk di atas batu dan tiba-tiba menghilang meninggalkan jubah dan kopiahnya. Sejak saat itu batu itu di keramatkan dan di percaya sebgai makam beliau.

Makam ini akan menjadi ramai di kunjungi oleh para paziarah setempat setelah hari raya idul fitri, tepatnya pada hari ketujuh, ketika masyarakat sasak merayakan lebaran ketupat. Lebaran ketupat yaitu lebaran setelah puasa sunat 7 hari di awal bualn syawal untuk meyempurnakaan puasa di bulan ramadhan.  Pemerintah daerah Lombok barat kerap kali melakukan acara lebaran ketupat di tempat ini di iringi ritual-ritual adat yang lain. Dan makam batu layar biasanya akan sangat padat di kunjungi para peziarah pada hari itu dan membikin jalur ke senggigi macet total.

Di makam ini pula para peziarah menyampaikan nazarnya khusunya bagi yang akan dan berniat ingin menunaikan ibadah haji. Pada bulan haji makam inipun menjadi ramai di kunjungi oleh calon jamah haji dan juga para peziarah lain.

Makam Wali Nyatoq
Makam Wali Nyatoqadalah makam yang begitu sacral di kabupaten Lombok tengah, tepatnya di Desa Rembitan. Makam ini hanya boleh diziarahi pada hari rabu. Dan pada hari-hari lain selain rabu, dilarang keras oleh penurus makam untuk mengunjungi makam yang keramat ini. Sudah menjadi peraturan lama yang tidak boleh di langgar, karena wali yang di makamkan di tempat ini berpesan untuk  mengunjunginya pada hari rabu.

Tanah di tempat ini mempunyai khasiat tersendiri untuk solusi masalah konflik seseorang yang tidak mau mengaku atas kesalahan yang di lakukan. Dengan meminum air yang di campur dengan tanah di makam ini,bagi tersangka yang memberikan pengakuan bohong akan mengalami kematian. Sebaliknya bagi yang berkata jujur tidak akan mengalami apa-apa.
Tidak jauh dari areal makam, terdapat nasjid kuno rembitan yang bisa di kunjungi setelah berziarah. Di dalam masjid masih tersimpan bedug dan mimbar yang digunakan pada masa wali nyatok mengembangkan islam di wilayah selatan Lombok tengah.

Makam Selaparang
Makam selaparang adalah makam para pembesar dan penghulu kedatuan Selaparang yang pernah berkuasa di pulau Lombok. Terletak di wilayah Lombok timur tepatnya di kecamatan swela. Makam ini tertata dengan bagus dan rapi. Di dalam areal makam terdapat juga makam pagar Gajah Mada yang legendaris.
Di makam ini dulunya di percaya sebgai lokasi tempat istana kedatuan selaparang. Di sebelah makam, dulunya terdapat masjid dan perpustakaan Selaparang. Namun oleh belanda bangunan itu di robohkan.
Hal unik yang terkenal di tempat ini adalah air yang berkhasiat untuk mempercepat datangnya jodoh. Setelah berdoa di dalam makam, peziarah dapat membasuh buka di air ini yang disediakan di depan makam.
Selain itu bagi peziarah yang ingin lebih jauh mengetahui sejarah Selaparang, bisa langsung ke dusun Ketangga yang lokasinya tidak jauh dari makam. Disana peziarah dapat melihat peninggalan Kedatuan Selaparang seperti, keris,kitab kuno,batu dari Iraq, masjid Pusaka Selaparang, dan masih banyak lainnya.

Masjid Kuno Bayan
Majid Kuno Bayan adalah masjid yan terletak di desa Karang Bajo kecamatan  Bayan Lombok utara.Ditempuh sekitar 2 jam dari pusat kota Mataram menggunkan kendaraaan bermotor. Bayan memilik peranan yang sangat penting dalam sejarah perkembangan islam di pulau Lombok. Masid ini adalah masjid yang pertama kali di bangun di Bayan. Masid kuno ini hampi berdiri sekitar 5 abad.

Masjid Kuno Bayan atau sering di sebut juga sebgai Masjid Bayan Beleq menjadi pusat utama di lakukannya kegiatan ritual adat bagi masyarakat adat Bayan. Acara ritual adat yang biasa di selenggarakan disini adalah, Maulid Adat, Lebaran Adat,dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Di dalam masjid masih terdapat bedug dan mimbar tua, Masjid ini beratap dan berdinding bambu dengan pondasinya batu. Di areal makam terdapat banyak makam–makam penyebar islam pertama di pulau Lombok. Kerap kali Bayan di katakana sebagi salah satu pusat kosmologi, karena masyarakt di Bayan sangat teguh memegang adat dan menjaga ke otentikan masjid kuno ini sampai sekarang.


Props
Advanced mode
You need to login first Login | Register Now

Points policy of this forum

Posts6 ZenCredit0 Points42 best answer0

wishes

Archiver|Mobile ver.|

Fast reply Top Return to list
Share link list
Share by pm