Release Note
ZenTalk


[Experience Sharing] Cara Mengatasi Pemberitahuan Pengisian Balik Selalu Muncul di Zenfone 4 Max

5820 0
Jump to specific floor
Latest Post
intisorakbar IDN Level 1 | All posts
Setelah 1 tahun memakai ponsel ini saya mendapatkan Upgrade firmware ke Oreo (Android 8.0)
Setelah upgrade sukses, tiba-tiba muncul pesan pengsian balik secara terus menerus seperti pemberitahuan saat kita menancapkan kabel OTG ke ponsel.

Saya kira tadinya pesan error ini karena kesalahan firmware hingga saya memutuskan untuk reset hingga downgrade tetapi tidak teratasi.
Dengan pengetahuan saya yang minim, saya beranikan untuk membongkar ponsel ini dengan harapan masalah ini disebabkan oleh debu saja.
Dan ternyata perkiraan saya benar, ada sedikit debu yang menempel pada bagian kaki-kaki konektor chargernya, setelah saya bersihkan, ponsel ini menyala kembali dengan normal.

Berikut Tutorial Mengatasi Masalah Notifikasi Pengisian Balik Pada Zenfone 4 Max




cara mengatasi :
1. buka penutup/casing belakang ponselnya, cara bukanya bisa lihat di youtube ada tutorial bisa memakai pick gitar ataupun alat pencongkel yang tidak tajam seperti sendok autjyga bisa dipakai untuk mencongkelnya.

2. lepas sekrup yang menempel pada bagian penutup mesin, tepatnya ada di bagian bawah baterai. (ingat bukan penutup atas yang ada kameranya).

3. Setelah sekrup terlepas semua, buka penutup berbahan plastik itu dengan mencongkelnya secara perlahan.

4. Setelah terbuka lihat pada bagian konektor/socket charger yang dilapisi dengan karet hitam.

5. Lepas/buka karet tersebut, cara melepasnya tinggal tarik pelan-pelan dari bagian atas menuju bawah.

6. Setelah karet terlepas, lihatlah pada bagian kaki-kaki kecil konektor tersebut banyak debu menempel. debu itulah yang bikin ponsel kita error seolah=olah menyambung dengan USB OTG sendiri padahal tidak menyambungkannya.

7. Bersihkan debu tersebut dengan kertas atau penghapus dengan cara di gesek pelan-pelan lalu tiup debunya sampai terlihat kaki-kaki kecilnya terlihat berpisah. karena konslet atau arus pendek terjadi karena listrik disambungkan oleh debu tersebut, biasanya debu ini bersifat sedikit lembab dan mudah menempel pada bagian kaki konektor.
(jangan sekali-sekali membersihkan debu ini dengan besi atau alat apapun yang dapat menghantarkan listrik)

8. Setelah dirasa bersih, coba hidupkan ponsel kalian (tanpa memasang penutup yang tadi dilepas, guna untuk mengecek dahulu daripada nanti bongkar pasang)

9. Ketika ponsel menyala dan sudah tidak error berati misi sukses tinggal matikan kembali ponselnya dan pasang kembali penutupnya.

10. Jika masalah belum terselesaikan coba bersihkan lagi menggunakan tisu yang dikasih minyak kayu putih, dijamin langsung bersih. (minyak kayu putihnya jangan banyak-banyak, yang penting bisa membuat tisu tersebut sedikit lembab untuk mengelap bagian konetornya.


Cara ini sudah saya test di hp adik saya dan sukses tidak muncul pemberitahuan Pengisian Balik lagi.
Kesimpulan : Masalah ini hanya disebabkan oleh debu saja yang mana debu itu berada di bagian dalam, dan harus membongkarnya untuk membersihkan debu tersebut.

Mungkin nanti bila ada permintaan dari pembaca, saya akan membuatkan videonya di youtube.
Sekian dari saya, semoga bermanfaat,


Props
Advanced mode
You need to login first Login | Register Now

Points policy of this forum

wishes

Archiver|Mobile ver.|

Fast reply Top Return to list
Share link list
Share by pm