Release Note
ZenTalk

123Next

[Share] Bahayanya Nge-Cas menggunakan Charger yang bukan Bawaan Smartphone

52276 20
Jump to specific floor
Latest Post
iyon_srgn IDN Dr.Zen | All posts
Last edited by iyon_srgn on 2018/2/23 14:20

Bahayanya Nge-Cas menggunakan Charger yang bukan Bawaan Smartphone



Banyak kalangan para penguna hp yang sering menyepelekan hal ini, padahal charger tidak asli sangat mempengaruhi proses kinerja sistem pengisian, dikarenakan disetiap merek hp android sudah mempunyai standar batas maksimum kekuatan ampere pengisian daya, jika anda menggunakan charger tidak asli yang terkadang memiliki kekuatan ampere yang sangat tinggi, efeknya pun akan sangat berpengaruh terhadap kondisi hp itu sendiri, mungkin bisa jadi hp cepat panas saat dicas ataupun bisa juga bakal merusak kualitas baterai.

Banyak kerugian jika ngecas smartphone anda dengan charger Bukan bawaan. Hanya karena memiliki bentuk port USB yang sama, tidak berarti Anda bisa ngecas smartphone Android dengan charger apapun. Masih banyak hal yang harus diwaspadai, seperti panjang port, lebar port, hingga daya besar di adaptor.


Berikut dampak yang harus kamu perhatikan:

1. Sensitivitas Layar Berkurang/Kacau


Saat kamu menggunakan adapter charger yang bukan bawaan smartphone, maka akan ada ketidaksesuaian arus listrik yang masuk. Jika arusnya tidak stabil, dampaknya bisa berakibat pada sensitivitas layar sentuh smartphone. Apalagi jika kamu sering menggunakan smartphone sambil di-cas. kamu pasti pernah ngalamin saat chatting sambil ngecas, ngetiknya jadi sering ngawur/loncat-loncat kan? Biasanya ini terjadi karena adanya arus listrik yang 'berlebih' ke layar. Hal ini biasa terjadi jika menggunakan charger palsu atau charger bukan bawaan.


2. Port USB Rusak

Sebagian besar smartphone Android masih menggunakan port USB 2.0. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri, karena jika kabel charger rusak, bisa menemukan banyak kabel lain yang sama. Tapi tetap harus hati-hati, panjang dan lebar USB harus sama dengan yang asli. Karena jika lebih panjang atau lebih lebar, akan merusak port USB smartphone kamu.


3. Charging Menjadi Lama

Berhubungan dengan poin kedua, rusaknya port USB smartphone akan membuat proses isi ulang baterai semakin lama. Tapi walaupun port USB smartphone kamu tidak rusak, saat menggunakan charger palsu/bukan bawaan pasti isi ulang jadi lebih lama karena arus listrik yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang asli. Kamu bisa saja menggunakan charger lain yang mendukung fitur fast charging, tapi kembali lagi apakah semuanya sama dengan yang asli? Karena jika ukuran USB-nya tidak sama, tentu akan berimbas pada rusaknya port USB yang memicu lamanya proses isi ulang smartphone di kemudian hari. atau rusaknya baterai sehingga terkadang pengisian malah lebih cepat/tidak wajar (baru di colokin tiba-tiba langsung penuh hanya dengan waktu yang sebentar).


4. Baterai Semakin Boros


Selain pemakaian secara terus menerus dan berlebihan, baterai smartphone juga bisa aus jika sering dibiarkan ngecas dalam waktu yang lama. Karena aus, maka secara perlahan baterai pun semakin boros. Ingat, setiap jenis baterai memiliki life circle. Semakin lama dicas, semakin cepat life circle-nya habis.



5. Smartphone Menjadi Panas Ketika Di-cas

Besar arus listrik yang mengalir ke dalam ponsel meningkat secara signifikan. Itulah yang menimbulkan HP jadi panas berlebih. Jadi, ponsel terasa agak panas saat di cas sebenarnya adalah hal yang normal saja.apabila panas yang ditimbulkannya sangat berlebihan. Namun demikian, apabila panas yang ditimbulkannya sangat berlebihan, sampai diatas suhu 60ºC, bahkan disertai bau hangus, ini tentu saja hal yang tidak normal. Pasti ada sesuatu komponen atau rangkaian yang konslet.


Sebaiknya kurangi kebiasaan meminjam pengisi daya (Charger) atau pengisian daya menggunakan Charger yang tidak sesuai/bukan bawaan untuk menghindari beberapa penyebab yang sudah saya jelaskan diatas agar hp anda tetap sehat dan tidak mengalami masalah kerusakan hardware maupun software.


Semoga bermanfaat



Props
om ini room indonesia
Props
IDN Level 3 | All posts
Bahasa Indo aja bro, lumayan ini bisa jadi info" penting bagi kita dan bisa jadi mudah divahami
Props
iyon_srgn IDN Dr.Zen | All posts
VladZ1998 posted on 2018/2/23 12:49
Bahasa Indo aja bro, lumayan ini bisa jadi info" penting bagi kita dan bisa jadi mudah divahami

Ya maaf,,,, nanti saya bikin bhs indo,
Padahal saya uploadnya di web global tp kenapa munculnya di indo
Props
iyon_srgn IDN Dr.Zen | All posts

Ya padahal saya uploadnya di web global via pc tp kenapa munculnya di zentalk indo.
Karena saya sdh tidak pernah buka zentalk indo semenjak ditunjuk sbg dr.zen global.
Props
iyon_srgn posted on 2018/2/23 13:37
Ya padahal saya uploadnya di web global via pc tp kenapa munculnya di zentalk indo.
Karena saya sd ...

sama, kemarin juga buat di global lari kesini, coba bershin cache / di sub forum lainya aja
Props
IDN Level 1 | All posts
Ane ngalamin masalah yg om sebutin di atas. Ane minjem casan temen beda merk krn lupa kebawa. Keesokan harinya ngecasnya jadi lama dan baterai cepet habis. Ada yg tau solusinya agan2?
Props
IDN Level 1 | All posts
Tapi bagaimana jika kita memakai chargeran merk ternama lain yang original dan sesuai dengan spesifikasi charger bawaan original asus & hp tersebut? 
Props
iyon_srgn IDN Dr.Zen | All posts
renanda.ravi95 posted on 2019/6/8 17:34
Tapi bagaimana jika kita memakai chargeran merk ternama lain yang original dan sesuai dengan spesifi ...

Kalo bisa yg original sesuai merk hp yg dipakai,,, karna terkadang pake yg ori tp milik merk hp lain jg dpt menyebabkan masalah karena portnya yg berbeda, jumlah kabel dalam usb kabel/kaki port jg berbeda ada yg 4 kaki/kabel, ada pula yg 5 kaki/kabel dan mungkin jg posisi aliran  min, plus, ground nya jg berbeda posisi.
Props
IDN Level 1 | All posts
Numpang nanya. Kalo sudah trlanjur make cas lain solusinya gimana?
Props
123Next
Advanced mode
You need to login first Login | Register Now

Points policy of this forum

wishes

Archiver|Mobile ver.|

Fast reply Top Return to list
Share link list
Share by pm