Release Note
ZenTalk


[New Question] [Signal/ Connection] Tentang Sinyal Dan Antena

15472 3
Jump to specific floor
Latest Post
noe-one IDN Level 3 | All posts
ZenFone2 Bug Report
Model: ZE551ML
RAM: 4G
Firmware/APP Version: Latest
Frequency of Occurrence: Latest
Rooted: Yes
APP Name: -
Screenshot: -
Berhubung forum zenfone 2 sudah mulai sepi dari sesepuh dan pengunjung karena asus sedang mengasuh zenfone terbarunya, lebih baik saya berbagi ilmu saja dengan kalian, sapa tau jadi rame :d hehehehe


Saya mau berkisah tentang sinyal

Kalau kita cermati ada perbedaan mencolok antara antena radio dan antena televisi manual, yaitu pada antena radio cukup sederhana hanya menggunakan sebatang besi yang menjulang tinggi keatas sedangkan antena televisi selain menjulang tinggi keatas juga terdapat kisi - kisi seperti tulang ikan, kenapa demikian ?

Antena radio menangkap sinyal frekuensi rendah yang berjalan secara horizontal, seperti pada gambar A
Antena televisi manual menangkap sinyal frekuensi tinggi yang berjalan secara vertikal, seperti pada gambar B
Lalu, Kalau Antena Zenfone kita bagaimana ?

Silahkan anda praktekan sendiri :
1. Pastikan anda memiliki wifi router yg telah terpasang internet
2. Pastikan posisi anda sejajar dengan wifi router tsb,
3. Nyalakan wifi pada zenfone anda lalu lakukan koneksi terhadap wifi router tsb
4. Apabila sudah terhubung, perhatikan logo sinyal wifi pada zenfone anda, bila sinyal nya kuat maka logo sinyal wifi pada zenfone akan penuh dan sebaliknya
5. Untuk mengetahui sinyal wifi router anda berjalan secara vertikal atau horizontal, sebaiknya anda mengatur jarak antara wifi router dengan zenfone anda (menjauh) sampai logo sinyal wifi tidak penuh yg menandakan jarak zenfone terlalu jauh dengan wifi router.
6. Atur posisi zenfone, seperti pada gambar C lalu simpulkan
7. Atur Posisi zenfone, seperti pada gambar D dan simpulkan pula

Note : " Terkadang emosi manusia lebih tinggi daripada harga dirinya "

Penting dan perlu kita ketahui bahwa sinyal HP mampu menembus dinding atau pun gedung bertingkat, namun ada kondisi ketika kita berada di basement gedung, dalam kantor atau pun dalam rumah kita sendiri malah miskin sinyal dan hal ini lah yg membuat tensi darah kita naik. Penyebabnya apa dong ?

Coba sedikit observasi dilapangan : alumunium foil merupakan salah satu bahan yg sanggup meredam sinyal HP, alumunium foil selain digunakan untuk menahan panas saat memanggang dalam oven, bisa juga digunakan untuk meredam hawa dingin. Oleh karenanya jika kita perhatikan secara seksama, kalau anda pernah ke mangga dua mall yg lantai nya paling atas silahkan anda cermati langit-langitnya dilapisi oleh alumunium foil, mungkin bertujuan agar udara panas diluar tidak tembus dan udara AC didalam tetap dingin selalu. Itu lantai paling atas, kalau lantai basement silahkan anda simpulkan ! Kalau dirumah koq sinyalnya miskin juga ?

Selain alumunium foil pada gedung, rumah pun pasti memiliki plafon yg bahannya bermacam-macam, semisal triplek, asbes, gypsum, dls. Diantara ketiga bahan tsb, gypsum adalah plafon yg sangat menarik selain sebagai interior yg umum digunakan, gypsum juga berbahan padat sehingga sanggup meredam sinyal HP, ditambah ruangan rumah yg tidak terlalu tinggi maka gypsum dapat pula menaikan tensi darah anda hehehehe. Sudah diluar rumah, tapi sinyal masih kecil banget gimana ?

Note : " Jangan terburu-buru banting zenfone anda, pahami lah masih banyak janda-janda muda, cantik dan bahenol yang membutuhkan zenfone anda diluar sana ... lol hehehehe "

Ketika kita ber internetan, HP kita terhubung dengan tower BTS yg sering kita temui disekitar lokasi kita, bisa diatas mall, samping ruko, diatas bukit dls proses ini mirip seperti kita koneksi zenfone ke hotspot via wifi. Sinyal yang ditangkap oleh zenfone kita aslinya adalah sinyal telepon lalu dengan waktu tertentu BTS memberikan sinyal internet dan ditangkap oleh zenfone kita dan mengeluarkan kode 2G, 3G, H, H+ atau 4G.

Ada banyak BTS terpasang disekitar area pemukiman kita ... kalau anda gunakan aplikasi tertentu pd google maps, anda akan ditunjukan banyaknya BTS terpasang disekitar rumah kita dan diseluruh indonesia #maaf terakhir saya publish aplikasinya langsung berbayar, silahkan cari sendiri2 ya. Oleh karenanya disaat GPS pada Zenfone kita aktifkan lalu kita berkendara melalui jalan-jalan ibu kota maka GPS Zenfone akan terhubung disetiap BTS yg kita lewati, makanya kalau kita perhatikan pada google maps lokasi GPS kita bergerak dari titik A ke titik Z ... Buat zenfans yg ngojek online harap paham ya.

Agar lebih paham lagi, silahkan anda praktekan sendiri :
1. Disaat listrik PLN padam, silahkan buka zenfone anda (Bagusnya test ini dilakukan saat PLN melakukan pemadaman dalam waktu yg lama)
2. Perhatikan kode sinyal yg ditangkap, 2G, 3G, H, H+ atau 4G ?
3. Apabila dalam waktu tertentu sinyal yg ditangkap adalah sinyal internet, bisa kita simpulkan BTS nya memiliki batre yg cukup untuk memberikan sinyal internet
4. Apabila dalam waktu tertentu sinyal yg ditangkap menjadi lebih buruk semisal 2G, bisa kita simpulkan tenaga batre pada BTS sudah mulai habis

Oh iya, Perlu kita ketahui bahwa tidak semua hotspot bisa untuk internetan, ada kasus sinyalnya kuat tapi internetan nya lemot, jadi mirip kita punya wifi router yg standby 24 jam tapi belum bayar internet. Jadi jika kita dapet sinyal internet 4G tapi tidak bisa internetan, bisa jadi BTS nya error atau silahkan cek nomor anda jangan2 masa berlaku internetnya udah habis .

Sekian terima kasih, semoga bermanfaat

NOEONE



Note : " Jika ada yang keliru, harap ditambahkan ... jangan dimaki agar forum nya jadi lebih sehat "


GAMBAR B

GAMBAR B

GAMBAR C

GAMBAR C

GAMBAR D

GAMBAR D

GAMBAR A

GAMBAR A
Props
IDN Level 7 | All posts
Wah, dikira pertanyaan ini haha but nice share gan bisa share di forum indo di tab fan share
Props
noe-one IDN Level 3 | All posts
Hahahaha ... master @riyandiptr bisa aja. Nubie ga ngerti share nya gimana bro, ini aja sewaktu mau saya post mikir2 ... salah lapak kah ? nanti dimaki2 om momod dah xixixixixixi.

Btw yang penting forumnya jadi rame lagi hehehehe ... tambahin bro, biar kita semua pada paham.

Props
IDN Moderator | All posts
nais inpo gan  

buat pencerahan user lain juga, klo sinyal nya drop dari 4G ke H gk lgsung serta merta nyalahin device nya, bisa juga dari faktor lain...
Props
Advanced mode
You need to login first Login | Register Now

Points policy of this forum

wishes

Archiver|Mobile ver.|

Fast reply Top Return to list
Share by pm