Release Note
ZenTalk


[Share] Kode Kode Error di Google Play dan Cara Mengatasinya

54901 7
Jump to specific floor
Latest Post
ranger_biru IDN Dr.Zen(ID) | All posts

google play.gif


Teman teman pasti pernah mengalami error di Google Play saat sedang mendownload atau mengupdate aplikasi, games atau apapun yang behubungan dengan Google Play. Saya mencoba mengumpulkan beberapa Kode Error yang biasa muncul.

Solusi yang saya info berikut tidak 100 persen pasti berhasil, paling tidak bisa memberi opsi tambahan saat mencoba mengatasi masalah tersebut. dan lakukanlah semua tips ini dengan resiko anda sendiri, saya tidak bertanggung jawab apabila terjadi kerusakan yang diakibatkan karena kesalahan dalam menjalankan tips ini.  
DO WITH YOUR OWN RISK




Berikut adalah kode kode yang sering muncul :

Google Play - Error DF-BPA-09 'Error Processing Purchase'
Penyebab : Kode Eror ini sering muncul saat sedang mencoba mendownload aplikasi , eror ini tidak akan menghilang hanya apabila kita mencoba dengan mendownload ulang,

Solusi :  Masalahnya bukan pada anda, tapi di Google Play itu sendiri , jadi kita hanya bisa berharap bahwa masalah ini akan bisa di perbaiki  oleh Google sendiri , sembari menunggu apabila terjadi eror semacam ini mungkin ini yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya :
Klik Setting
Lalu pilih Apps
Pilih All Apps
Scroll kebawah sampai ketemu Google Services Framework  ( Apabila temen temen pengguna Zenfone dan tidak menemukannya, di pojok kanan 3 buah titik yang berderet, silahkan di tekan lalu pilih " Show system " lalu kembali scroll kebawah carilah Google Services Framework.
Klik Clear data lalu pilih  OK.
Kalau masih  tetep gagal berarti temen temen mesti mencari apk file yang akan di install dari tempat lain.

Google Play – Error DF-BPA-30
Penyebab : Error ini biasanya terjadi karena error dari server Google, Menunggu adalah saran yang baik sebelum mencoba untuk mendownload ulang, tapi buat temen temen yang tidak mau menunggu mungkin bisa coba cara ini :

Solusi :
Klik Setting
Pilih Google Play Service
Klik Storage
Lalu pilih Clear Chance
Silahkan coba donwload kembali aplikasinya

Google Play – Error 8
Penyebab : Ini diakibatkan saat anda ingin mendownload aplikasi ternyata proses download berhenti.

Solusi : Pastikan anda Google Play Service temen temen www.zenfans.id terinstall. Kalau masih juga tidak bisa mendownload , buka setting, aplikasi, Google Play Service lalu pilih " Disable Aplication".
Akan muncul pop up yang menanyakan apakah yakin karena aplikasi akan kembali ke versi awal , klik saya Ya, setelah itu seharusnya semua berjalan normal.

Google Play – Error 18
Penyebab : Eror ini sebenarnya sudah sering terjadi sejak 2015 dan terjadi apabila kita ingin mengistall ulang suatu aplikasi yang kita pernah install sebelumnya. Tidak ada cara cepat yg bisa dilakukan tapi teman teman zenfans.id mungkin bisa mencoba cara ini.

Solusi : Setelah mencari jawabannya di beberapa forum, ada beberapa member forum yang berhasil mengatasi masalah ini yakni dengan cara mencabut sementara Memory Card lalu memasukkan nya lagi. Akan tetapi cara tadi tidak berhasil bagi semua nya , apabila temen teman memiliki tips bagai mana caranya mungkin bisa di info kan melalui kolom komentar.

Google Play – Error 20
Penyebab : Eror ini kemungkinan muncul saat sedang menginstall atau mengupdate Aplikasi.

Solusi : Untuk mengatasi nya temen temen harus me-root dahulu ponsel anda karena untuk mengatasi eror ini mengharuskan untuk meng akses file 'smd2tmp1' yang terdapat di  / mnt / secure / asec /.  File tersebut hanya bisa di akses dan didelete ponsel sudah dalam keaadaan Root.  Setelah file tersebut di hapus seharusnya sudah tidak terjadi masalah lagi.
Apabila temen temen tidak mau melakukan root pada ponselnya ada salah satu cara mengatasi eror tersebut tanpa harus me root , Gunakanlah aplikasi File Manager untuk mengakses file tersebut, karena ada beberapa aplikasi File Manager yg bisa mengakses file tersebut ada yang tidak.

Google Play - Error -24
Penyebab : Tidak ada yang tau pasti penyebab dari eror ini.

Solusi :  Untuk mengatasi nya temen temen zenfans.id harus menggunakan Root Manager ( dengan asumsi ponsel temen temen sudah dalam keadaan Root ) Lalu carilah folder  Data/data. Didalam folder tersebut carilah file yang berhubungan dengan aplikasi penyebab eror tersebut. Hapuslah semua yang ada di dalam folder lalu coba lah menginstall ulang aplikasinya.

Google Play - Error 101
Penyebab : Tidak bisa mendownload aplikasi karena sudah terlalu banyak aplikasi yang di install.

Solusi : Unisntall aplikasi yang sudah tidak terpakai, lalu coba install ulang aplikasi yang di maksud.

Google Play - Error 110
Penyebab : Aplikasi tidak dapat di install

Solusi : Buka Setting Lalu Applications lalu pilih All  lalu Google Play Store lalu klik Clear cache. Setelah selesai silahkan untuk mencoba kembali mendownload aplikasinya, apabila masih eror temen temen zenfans.id bisa mencoba mendownload aplikasinya melalui Google Play web.

Google Play - Error 194
Penyebab : Eror muncul saat kita sedang mendownload games atau aplikasi dari Google Play Store.

Solusi :
Buka Settings lalu Apps atau Application Manager pilih All kemudian cari Google Play Store app. Kalau sudah ketemu buka app detail kemudian klik Force stop. Lalu klik Clear data.
Sekarang cobalah untuk mendowload ulang lagi games atau aplikasinya. Kalau tadi masih blm berhasil pastikan bahwa anda memiliki aplikasi Google Play yang paling terupdate karena eror ini sudah di perbaiki pada versi Google Play yg terbaru.

Google Play - Error 921
Masalah : Kita tidak dapat mendownload aplikasi.

Solusi :
Buka Settings pilih  Apps  lalu All lalu pilih Google Play Store dan klik Clear cache dan Clear Data.

Google Play Error - 923
Masalah : Tidak mungkin mendownload aplikasi karena terjadi eror saat mencoba mensyncron dengan akun Google anda atau tidak cukup memory.

Solusi :
Hapuslah akun Google anda , lalu delete aplikasi yang tidak di pergunakan dan yang kira kira menghabiskan memory yang banyak. Setelah itu masulah ke recovery mode. Pilih Wipe cache partition kemudian restart ponsel,

Google Play - Error 924
Masalah : Eror ini biasanya terjadi saat anda mencoba untuk mendownload aplikasi yang memiliki file besar, muncul progress download tapi muncul informasi eror mengatakan tidak dapat di install karena Error.

Solusi :
Buka Settings pilih  All lalu  Google Play Store kemudian klik Uninstall updates. Sekarang cobalah lagi mendownload , seharusnya masalah eror tadi sudah hilang.

Google Play - Error 927
Masalah : Tidak dapat mendownload aplikasi karena Google Play Store sedang dalam proses update.
Solusi:
Yang paling mudah adalah menunggu beberapa saat hingga proses update Google Play Store selesai , namun apabila setelah selesai masih juga terjadi eror mungkin anda bisa coba ini :
Buka Setting lalu Apps pilih All lalu cari lah Google Services. Klik di bagian Clear data dan klik juga Force stop. Setelah itu lakukan hal yang sama  ( Clear data dan Force Stop ) pada aplikasi Google Play Store.

Google Play - Error 940
Masalah : Tidak dapat mendownload aplikasi.

Solusi
Yang pertama bisa di coba adalah me restart ponsel anda. Kalau masih eror juga silahkan coba untuk melakukan beberapa step dibawah ini :

Buka Settings lalu  Application lalu All kemudian Google Play Store klik  Clear cache.
Buka Settings lalu  Application lalu All kemudian Downloads / Download manager klik Clear data.
Buka Settings lalu  Application lalu All kemudian Google Services Framework  klik Clear data.
Buka Settings lalu  Application lalu All kemudian Google Apps klik Clear data.
Buka Settings lalu  Application lalu All kemudian Google Hangouts klik Clear data.

Lakukan lah semua poin diatas lalu coba mendownload kembali.


untuk kode lebih lengkap silahkan cek di blog saya :[url]http://www.zenfans.id/2016/11/kode-error-google-play-dan-cara.html[/url]


Rate

Participants 1ZenCredit +8 Hide Reason
TheMatrix + 8 Like

View rating log

Props
IDN Level 3 | All posts
Nice Thread, Bro.
Trims buat infonya. sangat membantu sekali.

Props
IDN Level 7 | All posts
Nais om, keren awalannya pake gif gitu menarik banget
Props
IDN Level 1 | All posts
Ada yg tau solusinya ketika asus zenfon 5 tidak kompatibel dengan google service,

Props
IDN Level 1 | All posts
Gan, kalau untuk error code 190, apa ya solusinya?
Props
IDN Level 1 | All posts
Hai..mau tanya...kalo kode kesalahan 190 apa yg harus di lakukan..karena susah tidak bisa updet aplikasi...
Props
IDN Level 1 | All posts
bella05.fae posted on 2018/9/15 08:02
Gan, kalau untuk error code 190, apa ya solusinya?

untuk kode kesalahan 190, solusi yg saya pernah coba adalah:
masuk ke pengaturan, pilih aplikasi, pilih google play store, pilih akses, hidupkan akses ke penyimpanan.
Demikianlah terima kasih.
Props
Advanced mode
You need to login first Login | Register Now

Points policy of this forum

wishes

Archiver|Mobile ver.|

Fast reply Top Return to list
Share link list
Share by pm